Perbedaan dan kegunaan (tespen AC / tespen DC)

Asallamualaikum, wr, wb.

Pendahuluan

Halo sahabat teknik maintenance workshop apa kabar brother? Semoga selalu sehat selalu terkait penyebaran virus corona ada baiknya dirumah aje. Pada artikel kali ini saya ingin mejelaskaan tentang kegunaan tespen AC dan Tespen DC beserta fungsi dari masing-masing tespen.

Dasar Teori 

Pada gambar dibawah ini adalah penunjukan tentang gambar mengenai tespen AC dan tespen DC :

Perbedaan  dan kegunaan tespen AC / tespen DC.webp
Perbedaan dan kegunaan tespen AC / tespen DC

Genks, apakah teman-teman pernah mendengar tespen? Yups tespen memiliki 2 jenis yakni tespen Arus AC dan tespen Arus DC, seperti yang kita ketahui tespen AC untuk tegangan 220-380 VAC. Dan tespen DC untuk 12 sampai 24 V DC. Lalu apa perbedaan masing-masing tespen?! Nanti saya jabar dibawah.

Tespen AC


Tespen AC


Tespen AC adalah suatu alat listrik yang digunakan untuk mengecek sumber phasa pada kabel 1 phase dan 3 phase dimana tespen AC mempunyai lampu led didalam tabung berbentuk fuse, lampu led adalah indikator pengecekan phasa pada kabel, fungsi dan kegunaan tespen jika lampu led menyala pada tespen maka kabel yang sudah kita cek dengan ujung besi tespen menyentuh kabel atau lobang stop kontak menandakan kondisi pengecekan pada kabel atau lobang stop kontak bagus atau menandakan arus listrik mengalir sehingga lampu indikator pada tespen hidup (menyala), umunya tespen AC digunakan sebagai alat bantu untuk tukang listrik seperti yang saya jelaskan.

Apa sih bang funsi tespen?!

Fungsi tespen adalah sebagai alat  petunjuk atau pengecekan dalam  mengetahui  phase atau tegangan pada sumber listrik dengan ditandai lampu led yang menyala pada tespen ini artinya ada sumber listrik yang mengalir baik pada pengahantar kabel maupun peralatan yang berarus listrik.

Lampu tespen akan hidup jika pada pengukuran tegangan DC terbalik dengan ditandai lampu yang berwarna hijau. Jika tespen di tancapkan ke sumber yang pas pada pengukuran arus listrik DC dan tidak terbalik yakni positif dan negatifnya maka tespen pada lampu indikatornya berwarna merah artinya pengujian ini tidak terbalik + dan negatifnya.

Kekurangan tespen AC

  • Tidak dapat digunakan untuk pengecekan arus listrik DC

Kelebihan tespen AC

  • Bisa digunakan untuk membuka skrup
  • Tidak ribet karna hanya mengecek phasa saja
  • Kemampuan pengecekan tegangan besar
  • Bisa dibawa disaku

Ada yang ingin menambahkan  kelebihan dan kekurangan tespen AC?! Tulis dikolom komentar.


prinsip kerja tespen ketika bagian bawah berupa besi tespen konduktor menyentuh bagian dalam kabel yang berarus listrik dan bertegangan maka arus akan melewati bagian konduktor pada tespen menuju lampu indikator tespen dengan syarat jari kita, harus menyentuh bagian atas tespen dikarnakan  ada per pegas yang memutus arus diabagian atas tespen, oleh karna itu lampu indikator penunjukan api atau phasa pada tespen akan menyala pada saat jari menyentuh bagian atas tespen.

Spesifikasi tespen  arus AC

Pada tespen AC terdapat angka yang menunjukan kekuatan maksimal pengecekan phasa pada kabel, biasanya angka tersebut terdapat pada pegangan pada tespen, 100 - 500 V. Ini artinya lampu tespen akan menyala pada tegangan 100-500V (minimal dan maksimal) ini sepengetahuan saya.
Mungkin teman-teman dapat menambahkan tespen yang kekuatanya diatas 500V. Ada?!

Sampai disni bisa dipahami!?

Lanjut ke tespen DC

Tespen DC

Tespen DC sangat berbeda sekali dari tespen AC dari bentuk dan prinsip kerjanya saja berbeda lihat contoh gambar dibawah ini :

Tespen DC

Pada gambar diatas sekilas penampakan bentuk dari tespen DC bagian atas terdapat kabel untuk ke negatif (massa) pada aki. Dan bagian besi pada bawah tespen DC berbentuk runcing sperti jarum digunakan untuk ke positif listrik DC. Tespen DC adalah suatu alat yang digunakan untuk  cara mengecek sumber arus listrik DC, contohnya untuk pengecekan kabel phasa pada mobil, yang bersumber dan  diperoleh dari aki  mobil.

Spesifikasi tespen DC

Seperti yang kita ketahui tespen DC digunakan untuk arus DC dengan rate tegangan 6 - 24 Volt, biasanya tespen DC hanya digunakan untuk pengecekan mobil dan motor , pada sumber listrik yaitu aki mobil dan aki motor. Ini yang saya ketahui, lalu hampir sama nilai tegangan terdapat pada gagang atau gengaman tespen DC.

Prinsip kerja tespen DC bagian bawah jika menyentuh phasa (positif aki) maka arus listrik akan melewati konduktor pada tespen maka lampunakan menyala dengan catatan kabel bagian atas tespen DC harus ke body atau negatif aki. Didalam tespen DC terdapat per pegas yang terkoneksi langsung pada kabel body tespen.

Jika anda bertanya apakah ada jual tespen DC pada rate tegangan 100-300 VDC?! sepengetahuan saya tidak pernah lihat, dah itu aja.

Kekurangan tespen DC

  • Banyak embel-embel (ribet)
  • Rate tegangan rendah 12-24 VDC
  • Bagian bawah tajam ( runcing) berbahaya

Kelebihan tespen DC

  • Nilai tegangan  yang kecil membuat kita aman pada sengatan listrik arus DC.
Jadi bisa ditarik kesimpulan perbedan tespen AC dan tespen DC yaitu :

  1. Nilai rate tegangan yang berbeda pada masing - masing tespen baik itu tespen AC dan tespen DC
  2. Tespen AC embel2 sedikit begitupun sebaliknya.
  3. Perbedaan sumber arus listrik dari kedua tespen AC dan DC
  4. Perbedan dari prinsip kerja masing - masing tespen
Catatan :

Tespen dc atau cara pakai tespen dc sangat mudah teman-teman dapat memakainya dengan cara ujung pada bagian atas dijepit dibody mobil atau diminus aki, lalu bagian bawah pada tespen dc berupa  besi minus untuk ke plus aki atau kabel yang hendak dicek dengan cara besi pada bagian tespen DC di tancap kedalam sampai mengenai bagian inti dari kabel berupa tembaga.
Bang saya tidak ada tespen DC dirumah.

Jangan panik teman-teman dapat membuatnya.
Bagaimana bang bikinnya :

Jadi begini :

cara membuat tespen DC teman-teman dapat menggunakan lampu led atau bola lampu motor dengan memodifikasi bagian dari masing- masing lampu led dan bola lampu motor dengan tegangan sesuai kegunaan, tespen yang anda buat.

Ada yang ingin menambahkan lagi, jom silakan tulis dikolom komentar.

Oh iya jangan lupa tonton videonya dibawah ini agar teman-teman bisa memahami lebih lanjut tentang tespen AC dan DC :




Atau kalian bisa menonton langsung ke youtune ane.

Penutup

Saya rasa cukup dan jelas tentang perbedaan dan kegunaan masing - masing tespen AC dan tespen DC.

Terima kasih telah berkunjung.

Semoga bermanfaat.
Salam hangat







Related Posts