Pengertian resistor (komponen elektronika)

asalammuallaikum, wr, wb

Pendahuluan

Halo genks...apa kabar hari ini semoga dalam keadaan sehat selalu. Tidak terasa kita sudah memasuki bulan ramadhan semoga puasanya terjaga. Nah dalam artikel kali ini, tentang komponen alat elektronika. saya ingin membahas mengenai resistor. Apa itu resistor dan penjelasan mengenai resistor atau pengertian dari pada resistor ini, karna saya sendiri pribadi belom mengenal baik tentang resistor dan apa salahnya saya ingin belajar dan memperdalami alat komponen elektronika ini yakni resistor.

Kita gas ngk ni...gasken genks.

Cek it's out

Simak sampai habis...

Teori penunjang

Komponen Resistor memiliki daya kemampuan dari tiap jenis dan bentuk komponen resistor berikut gambar dari sebuah resistor :

Pengertian resistor.jpg
Pengertian resistor (komponen elektronika)

Sebelum kita masuk pada pengertian resistor adalah kita wajib mengenal simbol fixed suatu resistor dalam suatu pembacaan komponen resistor berdasarkan skema wiring untuk melakukan pembuatan rangkaian modul, wih merangkai modul ni ceritanya kita. Berikut penjelasan simbol komponen elektronika yaitu resistor :

Pengertian Simbol resistor (komponen elektronika).webp
Simbol umum resistor

Gambar diatas menjelasakan bentuk dari suatu simbol resistor untuk merangkai suatu modul jika terdapat bacaan atau simbol diatas artinya simbol ini membawa kita pada pengertian arti simbol resistor.

Langkah selanjutnya pengertian dari resistor berdasarkan komposisi pembuatan reistor itu sendiri melihat contoh Gambar dibawah ini menjelaskan tentang simbol fixed resistor atau bentuk dari fixed resistor :

Pengertian resistor (komponen elektronika).webp
Pengertian resistor (komponen elektronika)


Komponen Resistor memiliki simbol kode pembacaan pada suatu rangkaian komponen elektronika pengenalan resistor kita mulai dari fixed resistor yakni memiliki nilai resistansi yang tetap dari kode pembacaan kode warna dan angka, berhubung saya masih pegenalan pada resistor angka dan kode warna resistor belom dapat saya jelaskan. Next lain waktu kita bahas.
Seperti yang kita ketahui resistor bekerja berdasarkan hukum OHM.

Hukum ohm resistor

karna resistor menghambat tegangan dan membatasi arus listrik berdasarkan hukum ohm. Dari pentunjuk gambar diatas Gambar 2. menjelasakan suatu komponen elektronika resistor memilki bahan atau komposisi berdasarkan pembuatan resistor ini genks.

Composition resistor atau komposisi pembuatan resistor :

  1. Carbon fixed composition
  2. Carbon film resistor
  3. Metal film resistor
Dari ke 3 poin diatas berdasarkan komposisi resistor saya akan jelaskan secara singkat yakni sebagai berikut :
  • Carbon fixed composition (resistor carbon)
Pada resistor jenis carbon atau resistor carbon fixed composition merupakan resistor yang terbuat dari serbuk halus kemudian dicampur dengan bahan bubuk halus sebagai pengikat ( binder) untuk mendapatkan nilai tahanan  (resistansi) yang diinginkan.

Adapun rating nilai resistor jenis carbon fixed composition yang dijual di tokoh-tokoh elektronika yakni berkisar dari 1 ohm - 200 M ohm dengan daya 1/10 W dan 10 Watt.

Next kita lanjud pada point ke 2 diatas 
  • Carbon film resistor (resistor film)

Resistor film

Pada resistor jenis carbon film resistor,  terdiri dari jenis jenis-jenis logam oksida film,  yang umumnya dibuat dengan mendepositkan logam murni seperti nikel atau film oksida seperti timah atau keramik, jenis resistor film ini adalah jenis yang paling tinggi yaitu 10 MOhm ( 10 juta Ohm). Reilsistor film juga memiliki stabilitas suhu yang lebih baik.

Kemudia resistor jenis metal pada point 3 sebagai berikut :

  • Metal film resistor
Resistor ini biasanya dilapisi dengan film logam yang tipis ke subtrat keramik dan dipotong berbentuk spiral, untuk nilai resistansinya biasanya dipengaruhi pada panjang, lebar dan ketebalan spiral logam.

Resistor jenis metal film resistor merupaka jenis reistor yang terbaik dari yang ada, jika dibandingkan dengan resistor carbon.

Pengertian Resistor atau pengertian dari resistor adalah suatu alat komponen elektronika yang digunakan untuk menghambat tegangan maupun arus listrik atau bisa diartikan resistor membatasi arus listrik maupun tegangan listrik. Nah berdasarkan sumber yang saya baca dari artikel lain.  Banyak sekali model dan bentuk dari  Sebuah variabel resistor ini yaitu sebagai berikut :

  1. Potensiometer
Gambar diatas merupakan alat komponen elektronika yaitu Potensiometer beserta variabel simbol potensiometer yang digunakan pada suatu Skema rangkaian untuk membuat modul.
Potensiometer adalah jenis resistor yang nilai resistansinya dapat berubah-ubah dengan memutar tuas atau tangkai dari pontensiometer tersebut, adapun kode angka dibadan potensiometer tersebut.

2. Rheostart


Rheostart merupakan jenis resistor yang mempunyai nilai tegangan yang tinggi berdasarkan kegunaan pada rangkaian elektronika. Rheostart sendiri terbuat dari lilitan kawat resistif dan penganturan nilai resistansi dilakukan dengan penyapu yang bergerak pada bagian atas toroid.

3. Trimpot


Trimpot ataunyang dikenal  dengan preset resistor (trimmer potensiometer) sama dengan potensiometer cuma yang membedakan potensiometer dan trimpot adalah pada tuas trimpot tidak memiliki tuas Sedangkan potensiometer terdapat tuas untuk memperkecil dan memperbesar suatu arus listrik.

4. Thermistor (thermal resistor)


Gambar diatas adalah contoh dari thermistor beserta simbol thermistor. Apa tiu thermistor. Thermistor atau thermal resistor adalah jenis resistor yang nilai resistansinya dapat mempengaruhi suhu dan tempratur
Ada dua jenis  atau tipe thermal resistor yaitu :

PTC = positif tempratur ceoffiesien

NTC = negatif temprature coeffisien


5. LDR (light dependet resistor


Pada gambar diatas menunjukan suatu alat komponen elektronika pada resistor LDR atau light dependent resistor, biasannya LDR atau light dependent resistor bekerja pada intensitas cahaya yang diterimanya atau sensor cahaya 

Dari variasi atau jenis-jenis resistor adapun kegunaan masing-masing dari penjelasan diatas mengenai jenis atau macam-macam resistor alat komponen elektronika, yang dapat teman-teman pahami mengenai resistor.

Dari kesimpulan penjelasan diatas maka kita dapat mengartika Fungsi  Dari resistor sendiri sebagai :

1. Pembatas arus listrik
2. Pengatur arus listrik
3. Pembagi tegangan listrik
4. Penurun tegangan listrik

Penutup

Ok gaes terima kasih telah berkunjung,
Semoga dengan adanya artikel ini bisa sedikit memberikan pencerahan. Tentang pemahaman resistor dan pengertian dari resistor. Adapun simbol resistor untuk pengenalan kepada teman-teman.

Semoga bermanfaat.

Bye -bye genks.

Sumber
Teknikelektronika.com



Related Posts