Tips dan trick memahami rangkaian kontrol forward reverse interlock

Asallamualaikum, wr,  wb.

Pendahuluan

Selamat pagi sahabat teknik maintenance workshop hari ini saya ingin memberikan tips dan trick cara cepat memahami rangkaian kontrol forward reverse interlock, sudah tahukah teman-teman dengan rangkain kontrol yang satu ini yaitu forwar reverse interlock,  dimana pada rangkaian ini lumayan sulit dalam pembacaan wiring diagram pendapat pribadi saya sendiri. 

oleh karna itu pada pagi ini artikel ini saya bikin khusus untuk teman-teman yang menginginkan belajar merakit rangkaian kontrol forward reverse interlock, semoga dengan adanya artikel ini bisa sedikit memberikan pencerahan guna memahami rangkaian kontrol forward reverse interlock. 

Gas disimak... Genks. 


Teori Dasar

Gambar dibawah ini adalah sebagai contoh dari wiring yang saya buat dilink yang saya tempelkan, dan berhasil ketika mencoba menerapkanya :

Tips dan trick memahami rangkaian kontrol forward reverse interlock. Webp
Tips dan trick memahami rangkaian kontrol forward reverse interlock

Forward reverse interlock adalah suatu rangkaian kontrol untuk  motor listrik 1 phase dan motor listrik 3 phase, rangkian kontrol motor listrik satu ini untuk maju mundur suatu motor listrik. berdasarkan pengaplikasian yang teman-teman terapkan. 

Karna rangkaian kontrol forward reverse, memanfaatkan perubahan polaritas phasa pada 2 buah kontaktor sehingga motor listrik dapat maju mundur berdasarkan tombol push button yang ditekan.  Biasanya pada rangkian ini,  terdapat 2 buah push button start (hijau)  dan  satu buah stop push button (merah). 

Tips : Apa saja persiapan peralatan dalam merakit rangkain kontrol ini  simak ulasan berikut ini :

  1. 2 buah kontaktor
  2. 2 buah push button hijau
  3. 1 buah push button hijau
  4.  4 buah Lampu indikator
  5. Thermal Overload relay
  6. Mcb 1 phase
  7. Mcb 3 phase

Nah tips peralatan diatas adalah sederhananya dalam membuat panel kontrol forward reverse interlock. 

Trick :

Dalam cara cepat memahami rangkian kontrol ini, teman teman diwajibkan mengetahui prinsip kerja kontaktor dan thermal overload relay, beserta tombol push button. 

Untuk membuat panel control forward reverse teman-teman butuh  wiring diagram untuk start pemahaman awal.


nah nati saya akan jelaskan bagaiamana tips dan trick dalam memahamai rangkian kontrol forward reverse ini:

Tips dan trick cara cepat memahami rangkaian kontrol forward reverse interlock :

1. Rangkaian kontrol forward reverse tidak langsung menjumper phasa seperti direck online starter. 

2. Rangkaian kontrol forward reverse mendapatkan phasa dari tombol stop push button.

3. Dala cara memahami Rangkian control forward reverse interlock (mengunci kontaktor 1) dari phasa push button hijau ke NC kontak bantu  kontaktor 2  kemudian ke sumber magnetik penguncian A1 (phasa) artinya dalam kasus pemasangan  rangkian kontrol forward reverse ini A2 ( netral), terserah teman-teman yang mana api dan yang mana netral. 

4. Tombol push button hijau terdapat 4 kabel di terminal NO.

  1.  1 kabel Sumber pahse dari stop
  2. 1 kabel ke NO kontaktor 1
  3. 1 kabel ke kontaktor 2 (reverse) 
  4. 1 kabel lagi ke NO kontaktor 
Artinya ketika teman-teman sudah memahami rangkaian kontrol forward reverse interlock ini, pada push buton hijau (start)  maka dipastikan pada pushbutton kontaktor 2 (reverse)  pasti akan sama.

Lihat gambar dibawah ini :

Forward reverse interlock. Webp
Forward reverse interlock

Pada gambar diatas phasa diperoleh dari mcb,  setiap sistem rangkain kontrol  untuk motor listrik,  3 phase pada penggunaan kontaktor mempunyai tegangan 220VAC, termaksud rangkaian kontrol forward reverse interlock ini.

Perdasarkan percobaan yang saya pahami tidak sulit untuk memahami rangkaian forward reverse ( maju -mundur). Pada prinsip kerjanya rangkian kontrol forward reverse ketika start pushbutton 1 ditekan maka kontaktor akan berenergi atau terkunci, dalam keadaan ini push button 2 tidak dapat distart. Karna kontaktor 1 pada NC (kontak bantu) sudah berubah menjadi NO, seperti yang kita ketahui masing-masing pada kontaktor 1 dan 2 (terkunci / berenergi)  pada phasa yang terhubung di NC kontaktor. Untuk lebih jelas silakan kunjungi channel youtube saya.  Prinsip kerja kontaktor

Penutup

Semoga artikel ini sedikit memberikan pencerahan tentang bagaimana memahami rangkaian kontrol forward reverse interlock atau cara cepat belajar rangkaian kontrol forward reverse,  semoga bermanfaat untuk teman-teman,  jika kurang memahami silakan ada kolom komentar, terima kasih telah berkunjung.

Salam hangat. 



Tonton juga video tentang penjelasan forward reverse atau rangkaian kontrol bolak-balik motor 3 phase, agar teman-teman bisa memahami dengan mantap dan tidak lagi butuh wiring diagram berikut videonya :





Tks for watching....





Related Posts