Cara pemasangan switch otomatis untuk (tandon / tower) air

Asalammualaikum,  wr, wb.

Pendahuluan

Halo brother pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tutorial cara pemasangan switch  otomatis air untuk (tandon / tower) air. atau cara pasang switch otomatis tandon untuk tampungan air rumah atau cara pasang otomatis pompa air, semoga dengan adanya artikel ini bisa sedikit memberikan pencerahan kepada teman-teman yang lagi galau dan susah untuk memasang switch otomatis air tandon untuk rumah. 

Genks... Kuy disimak..... 


Teori penunjang


Cara pemasangan saklar switch untuk (tandon/tower) air.webp
switch otomatis tandon

Switch pada level permukan air untuk tandon digunakan sebagai pemutus  dan menyambung  secara otomatis pada sumber listrik mesin pompa air, dengan kata lain tandon akan mengisi air secara otomatis dan off secara otomatis. melalui tinggi rendahnya suatu volume permukaan air pada tandon, sehingga memudahkan kita untuk tidak direpotkan lagi menghidupkan mesin air secara manual. Semua dilakukan otomatis.

Pada suatu prinsip kerja switch otomatis tandon  atau cara kerja switch otomatis tedmon (pinguin switch)  dilengkapi dengan dua pemberat (sinker) berupa tabung kecil 2 buah berwarna putih yang diikat tali terhubung ke swich otomatis tandon.

Biasanya pada pemberat tandon atau tower penampung air. (sinker)  diisi air untuk menambah daya tarik. posisi pemberat tersebut menggantung bila kondisi air pada tandon air kosong, nah pada kondisi inilah tali pemberat tersebut menarik switch otomatis pada tandon sehingga memicu switch otomatis tandon air terhubung (ON).

Nanti saya akan jabar pemasangan switch otomatis tower penampung air  atau tandon.


Cara pemasangan switch otomatis untuk tandon. Webp
Cara pemasangan switch otomatis untuk tandon

Pada gambar diatas bentuk sinker 2 buah, sinker switch tandon berfungsi seperti yang saya jelaskan diatas,  dapat mematikan mesin air dan menghidupkan mesin pompa air, secara otomatis (secara sederhana) . Seperti yang kita ketahui bila mesin pompa air diberi sumber listrik (power)  maka akan menghisap air. kemudian pada bagian ini fungsi switch tandon memutus sambungan power motor pompa air dan menghubungkan / menghidupkan kembali pompa air. Dengan catatan jika tandon pada batas volume air yang sedikit, sehingga dapat memicu saklar  atau switch ON, pada tarikan pemberat (sinker) yang dapat menghubung power atau suplai listrik ke motor pompa air.

Bagaimana sampai disini bisa dipahamai?!

Lalu bagimana cara pemasangan switch pengisian air ditandon ini. Berikut gambar cara pasang switch pada tandon :

Cara pasang saklar switch otomatis untuk tandon air.webp


Pada gambar diatas menunjukan cara pemasangan switch untuk tandon,  dimana pada switch gambar diatas kita hanya menggunakan dan menghubung pada bagian netral saja. Pertanyaan saya sederhana,  bisakah kita hubungkan dengan menggunakan phasa (kabel merah)? bisa, tapi alangkah ada baiknya kita menghubungkan switch tersebut menggunakan netral saja. Kenapa demikian karna netral NOL, tidak menimbulkan percikan api sehingga tidak menyebabkan panas pada terminal switch yakni A1 dan A2. Bayangkan saja jika kita menggunakan phase pada terminal switch tersebut.  Jika dalam waktu yang lama maka panas yang dihantar terminal tersebut akan menyebabkan terbakar dan melelehnya switch tandon air. karna berbahan plastik. 

Langkah cara memasang otomatis tandon air atau pasang otomatis pompa air

1. Pada switch tandon bagian bawah terdapat drat (ulir) dan pada tandon juga terdapat lobang drat. Pasang switch yang sudah terdapat tali, kelobang yang sudah tersedia di tandon.

2. Pasang kabel netral ke switch A1 dan A2.

3. Jika  semua sudah dirasa siap power untuk motor pompa air dan semuannya next... 


4. Mengikat pemberat yang sudah diisi air didalam pemberat. Berikut cara pengisian air Pemberat tedmon sinker lihat gambar dibawah.  

Cara mengisi air pemberat switch tedmon


Spesifikasi switch tedmon
Power suplay : 110/220VAC 50/60Hz
Rating 220VAC 7,5 A /110V 15
Vertical instalattion
Tempratur limit  5-80°C



Kelebihan menggunakan switch pengisian air otomatis tandon atau tower penampungan air.


  • Dapat mengisi air secara otomatis
  • Dapat mematikan / menghidupkan mesin pompa air secara otomatis


Kekurangan switch pengisian air tandon otomatis :

  • Bila rusak maka air pada tedmon tidak terisi
  • Sering putus pada tali pemberat 
Catatan 

Setelah selesai pemasangan switch untuk tandon atau switch pengisian air ditandon lakukan pengecekan ulang dan pastikan kabel tidak gampang lepas, gunakan kabel ukuran sama pada seluruh rangkaian,  titik sumber  listrik stop kontak tidak berada jauh dari switch  dan pompa air. 

Penutup

Saya rasa cukup dan jelas cara pemasangan switch otomatis untuk tandon atau cara pasang switch di tandon,  semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan sedikit pencerahan, guna memudahkan teman-teman untuk memasang switch penampungan air.

Semoga bermanfaat 

Saya akhiri 

Wasallamualaikum,  wr,  wb. 

Bye-bye.... 

Jangan lupa jika menemukan artikel ini digoogle segera subrek channel youtube mamang oke....

Related Posts