Cara mengatasi gerinda tangan mati total

Asallamualaikum,  wr,  wb



Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan pencerahan mengenai cara mengatasi gerinda tangan mati total atau cara memperbaiki gerinda tangan yang mati dan tidak  berfungsi. 

Ada beberapa penyebab gerinda tangan mati total dan gerinda tidak berfungsi, lalu bagaimana cara menangani gerinda yang tidak berfungsi dan menyebabkan matinya mesin gerinda tersebut (off).

Teori penunjang


Cara mengatasi gerinda tangan yang mati total

Gerinda tangan (grinding)  berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk memotong atau menipiskan suatu bahan yang materialnya terbuat dari aloy steel  ataupun besi logam, tergantung teman-teman untuk memotong apa, dengan menggunakan grinda tangan ini.

Pada gerinda tangan atau grinding memiliki bagian terpenting yaitu kumparan berupa gulungan  dan rotor, sebagai bengerak, rotor pada gerinda berupa rotor belitan (rotor gulungan) dimana rotor pada gerinda ini menggunakan sikat brush (atau sikat karbon, arang,  kol)  sebagai penguat medan magnet dengan sikat brush atau carbon brush menempel pada bagian komutator sehingga berfungsi memperkuat medan magnet pada mesin gerinda. Saya ingin bertanya kepada teman-teman apakah kalian pernah membongkar habis mesin gerinda, karna rasa penasaran.? Kalau pernah ada orangnya kepo... Lanjut lagi ke permasalahan judul diatas,  Lalu ada beberapa penyebab mati totalnya gerinda tangan ini. Kenali ciri-ciri kerusakan gerinda dan penyebab gerinda mati total dan bagaimana cara mengatasi gerinda  tangan yang mati total ini.

penyebab gerinda tangan mati total  :

1. Sikat brush
2. Kabel power putus diluar
3. Saklar didalam grinda
4. Stator rusak (komutator)
5. Rotor gerinda tangan rusak
6. Kumparan pada stator belitan rusak

Nah pada penjelasan diatas beberapa indikasi penyebab timbulnya kerusakan pada mesin gerinda yang mati total dan saya akan coba terangkan dan memberikan sedikit pencerahan tentang bagaimana cara mengatasi hal tersebut...

Kuy disimak :

1. Sikat brush (arang,  kol) pada mesin gerinda tangan rusak.

Penyebab mati totalnya gerinda tangan. Wepg
Penyebab mati totalnya gerinda tangan


Pada umumnya sering sekali gerinda atau alat mesin lainya seperti gerinda,  mesin pemotong, alternator mengalami kerusakan pada sikat brush ini tentu ini adalah hal yang lumrah, karna gerinda pada rotornya yakni komutator mesin gerinda, memiliki sikat brush atau arang, carbon mesin gerinda, yang pada umumnya sikat brush ini mengesekan ke rotor bagian komutator untuk memperkuat medan magnet, carbon atau sikat brush ini, semakin sering memakai mesin gerinda maka semakin cepat habis pada carbon tersebut, karna terjadi gesekan antara carbon dan komutator pada mesin gerinda tangan. Sehingga pada per (pegas)  didalam carbon tersebut akan menonjol dan mengenai bagian terpenting pada komutator, inilah yang harus diperhatikan dan untuk mengatasi  hal tersebut carbon atau sikat brush sudah pendek maka ganti baru adalah opsi yang baik, banyak sekali jual carbon ini ditoko bangunan dan toko apotek..upsss kiding.

2. Kabel power putus pada mesin gerinda tangan.

Pada kabel power Gerinda sering sekali terputus dan mengakibatkan mesin gerinda mati,    ada beberapa faktor peyebab putus kabel pada mesin gerinda tangan yang tidak berfungsi atau mati total salah satunya adalah human eror atau tidak sengaja terpotong dan lain sebagainya. Dalam mengatasi hal ini sangat mundah, teman-teman bisa menggunakan multitester untuk mengecek kondisi kabel gerinda atau melihat bagian luar isolasi, jika terdapat hangus atau kabel putus segera ganti atau  dapat menyambungkan kembali kabel pada gerinda tangan yang putus dan hangus.

3. Skalar ON/OFF gerinda tangan

Pada bagian no 3 ini mungkin bisa jadi salah satu  penyebab gerinda tangan yang mati total. Biasanya saklar pada gerinda terdapat didalam penutup bagian belakang gerinda tangan, lalu apa yang menjadi sumber utama rusaknya saklar pada grinda? Menurut pengalaman pribadi grinda tangan yang rusak pada bagian saklar ini penyebab utamanya adalah memaksa grinda bekerja tanpa henti dan tanpa istirahat. Oleh karna itu grinda tangan ketika sudah panas terasa pada telapak tangan anda maka saya merekomendasikan untuk istirahat sejenak agar menghidari kerusakan gerinda yang tidak diinginkan.

Bagaimana cara mengatasi hal tersebut yakni pada saklar ON / OFF :
Saya menyarankan kanibal jika teman-teman mempunyai gerinda tangan yang rusak untuk mengambil bagian komponen  yang masih layak pakai  yang kita inginkan dan memindahkan ke grinda yang akan digunakan.

4. Stator gerinda tangan rusak

Pada salah satu penyebab matinya grinda tangan bisa jadi pada koil atau stator yang ada didalam grinda tangan, biasanya kerusakan ini sama dengan point no 3 memaksa gerinda tangan pada batas kemampuan gerinda tangan tersebut, tanpa disadari menyebakan panas pada koil (kumparan) lalu membuat gerinda tersebut mati total, karna stator sudah rusak dan terbakar.  Untuk cara mengatasinya teman-teman dapat memilih opsi langkah perbaikan pada gerinda tangan ini dengan cara menggulung kembali (tidak banyak gulungan pada mesin gerinda) ukur menggunakan mulstitester pada skala OHM lakukan penggulungan pada tahanan yang sudah diukur sebelumnya atau memilih kanibal atau teman-teman bisa beli baru, Sultan....melik baruk terus, heheh.

5. Rotor gerinda rusak

Pada penyebab mati totalnya mesin grinda tangan. Atau rusaknya mesin gerinda bisa jadi rotor yang pada ujung rotor (komutator) mengalami pecah bagian peting dalam membumbuat medan magnet pada rotor kumparan ini. Nah kalau ini mesti beli baru. Kalau teman-teman pandai memperbaiki no problem lebih bagus lagi malahan. Heheh.

Dalam mengatasi mati totalnya grinda tangan pada bagian ujung rotor ini, teman-teman dapat memilih mengganti baru dengan harga yang lumayan 200 kurang lebih. Atau beli baru satu set langsung pakai.

Bagian ini bagaimana?

6. Pada bagian belitan rotor mesin gerinda, sering  sekali saya menemukan hal ini dan menjadi salah satu penyebab mati totalnya gerinda tersebut pada rotor gulungan terdapat hangus digulungan tersebut. faktor kesalahanya hampir sama pemaksaan pada beban yang melebihi kapasitas mesin gerinda ini. Nah teman-teman dapat melakukan perbaikan dalam menangani penyebab matinya gerinda tangan ini dengan melakukan dan membuat gulungan baru, atau mencari rotor belitan yang sama dan memasangnya kembali. Beli barunya kagak ada bang... Ini opsi sultan... Silakan kalau beruang. Hehehe.

Nah jika agenks kurang puas dengan teori maka saya sudah buatkan video yotubenya link klik disini : 

Silakan klik diatas maka agenks akan diarahkan kechannel youtube saya.

Penutup

Saya rasa cukup penjelasan tentang perbaikan peralatan listrik atau cara mengatasi gerinda tangan yang rusak dan mati total.

Salam hangat..

Wasalamuallaikum,  wr,  wb.

Bye-bye







Related Posts