Cara memperbaiki bobcat s250 pada Selenoid injeksi

Asallamualaikum, wr, wb.

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai perbaikan bobcat series 250 / bobcat S250 yang dimana kerusakanya pada injeksi bobcat, akibatnya solar pada bobcat s250 tidak mengalir. Yuks genks kita simak cara memperbaiki bobcat s250 pada injeksi solar yang tidak mengalir. 

Baca sampai habis agar tidak gagal paham. 

Dasar Teori

Cara memperbaiki bobcat s250 tidak mau menyala. Webpg
Cara memperbaiki bobcat s250 pada injeksi

Bobcat s250 pada injeksi memiliki satu unit selenoid yang dimana peranan selenoid bobcat s250 pada injeksi adalah untuk menekan valve katup pada injeksi sehingga bahan bakar bobcat s250 keluar pada lobang injeksi tersebut. 

Selenoid injeksi pada bobcat s250 memiliki prinsip kerja menekan dan melepas valve pada keluarnya solar di injeksi dan dalam kondisi menutup valve injeksi ketika mesin dalam keadaan mati  sehingga solar pada injeksi tidak keluar. 

Berikut penampakan selenoid injeksi pada loader bobcat s250 

Cara memperbaiki bobcat pada selenoid injeksi.webpg
Keruskan selenoid injeksi loader bobcat s250

Biasanya Pada kerusakan bobcat s250 pada selenoid injeksi, menyebabkan bobcat s250 rusak dan mati total akibat tidak mengalirnya bahan bakar keruang udara pembakaran,  lalu bagaimana cara mengatasi kerusakan selenoid tersebut?

Langkah perbaikanya adalah :

1. Melepas selenoid pada bobcat s250
2. Mengukur kabel soket pada bobcat s250
3. Menguji selenoid menggunakan aki

Pada langkah perbaikan bobcat yang rusak selenoid, nanti 3 point diatas langkah-langkahnya saya jabar., dan saya akan terangkan kepada teman-teman.

1. Melepas selenoid injeksi bobcat s250

Tentunya dalam melepas selenoid bobcat s250 pada injeksi ini teman-teman sudah pasti bisa dan tahu,  untuk itu, cabut selenoid lakukan pengecekan visual dari selenoid bobcat s250 karna penting pengecekan visual  selenoid bobcat untuk mengindikasi apakah selenoid layak pakai atau tidak, selenoid bobcat pada injeksi memiliki tegangan 12 Volt  arus Dc dan memiliki pen penekan valve didalam ruang injeksi bobcat.
Teman-teman pahamkah yang saya jelaskan... Kalau paham kita lanjud pada poin 2 pada langkah  perbaikan dibawah ini :

2. Kabel socket selenoid injeksi bobcat 

Cek kabel selenoid bobcat pada injeksi

Pada gambar diatas adalah soket yang menghubung ke selenoid bobcat,  ukurlah kabel bobcat s250 menggunakan multitester,  cek apakah kabel tersebut ada yang putus atau semuanya bagus, karna kabel pada selenoid bobcat pada injeksi ini sangat vital genks, yang mempengaruhi arus dan tegangan pada selenoid tersebut masuk dan menjadikan selenoid berfungsi  seperti seharusnya. 
Umunnya selenoid bobcat s250 pada injeksi mempunyai 3 kabel. kabel 2 merah dan 1 hitam jadi total 3 kabel.   

Jika pada opsi  ini sudah teman-teman lakukan dan tidak ada kerusakan pasa kabel. Jika rusak pada kabel tersebut  (selenoid)  putus. maka pada salah satu soket  kita sistem jumper, dari salah satu  soket pada kabel selenoid injeksi ini....next maka kita lanjud ke point ke 3.

3. Uji selenoid pada injeksi loader bobcat s250

Dalam langkah perbaikan ini ( pengujian selenoid untuk mengetahui apakah kumparan pada selenoid injeksi bekerja dengan semestinya.  dengan menggunakan 1 unit aki. karna selenoid injeksi bobcat bekerja pada rating arus listrik DC 12 V.  Untuk itu tes kabel pada  kabel merah pertama pada kabel socket bobcat ke aki atau teman-teman bisa membuat kabel merah sambungan ke aki positif dan hitam ke negatif.

Pada kabel soket selenoid bobcat, angaplah yang pertama merah yang kedua merah dan yang terakhir hitam,  lalu cobalah hubungkan ke aki pada tiap-tiap phasa merah ke aki positif dan hitam ke negatif (pengujian kabel satu-satu ya) , uji phasa pada soket 1 persatu,  jika tidak menyala cobalah jumper kedua kabel yang berwarna merah tersebut lalu hubungkan ke aki positif ( merah positif) dan hitam ke aki negatif jika selenoid injeksi bergerak maka bagus jika tidak bergerak ganti baru..

Catatan jika kedua kabel phasa pada selenoid injeksi sudah dijumper.  Dan selenoid bekerja maka kita pasang lagi ke injeksi.

Lalu kita lakukan langkah penghidupan bobcat (start), pada pengalaman pribadi saya. selenoid yang phasanya cuma hidup 1 phase saya melakukan hubung singkat ke pada kabel soket selenoid injeksi,  misalnya kabel merah dan merah (artinya 2 kabel merah ya) saya jumper pada saat melakukan start (tapi injek sudah terindikasi mengeluarkan percikan solar) ketika sudah mau menyala bobcatnya maka kabel jumper langsung dilepas. Jangan dijumper dalam waktu lama karna sensor pada bobcat tidak akan merespon hubumg singkat ini. Menyebabkan bobcat s250 tidak akan menyala.

Penutup

Saya rasa cukup pada penjelasan saya tentang judul cara memperbaiki bobcat pada selenoid injeksi, yang menyebabkam bobcat s250 tidak menyala. Semoga dengan adanya artikel ini bobcat teman-teman yang bermasalah bisa diatasi.

Jika ada pertanyaan, jangan takud koment admin disini kagaka ngigit.

Terima kasih...

Bye-bye...


Related Posts