Apa sih segitiga daya itu ?!

Assallamualaikum, wr, wb

Pendahuluan

Selamat malam brother, lemes amat ya sayanya. Hehe. Jadi hari ini, rini lagi. saya akan membahas tentang  pemahaman dan penjelasan segitiga daya.  segitiga daya  secara teori segitiga daya sangat sulit untuk dipahami, apakah teman-teman merasa demikian, saya rasa teman-teman lebih paham dan lebih pintar dari  Pada saya makanya saya menulis dan belajar seperti ini. 

Yuk kita gaskan... Berikut pengertian segitiga daya adalah!!! Dan penjelasan singkat segitiga daya. 


Dasar teori

Beberapa sumber yang saya baca daya, sama dengan beban. kenapa demikian? Karna besarnya kapasitas daya sama dengan besarnya kapasitas beban.  yang akan kita gunakan, untuk pemakaian peralatan listrik  rumah tangga seperti televisi, kulkas,  kipas angin dan lain sebagainya. lalu apakah sama listrik 1 phase dan listrik 3 phase apa maksudnya ini?! Kok bahas listrik 1 phase dan 3 phase,  segitiga daya adalah bersumber dari pembangkit misalnya kita menggunakan genset 275 kva (genset untuk pabrik industri) , maka genset tersebut akan membebani beban induktif, kapasitif dan resistif (3 phase). Lalu 1 phase bagimana? Karna pada dasarnya 1 phase bersifat daya nyata contohnya pada listrik rumah kita. P= V x I = watt = daya yang akan kita gunakan.

Sedangkan pada listrik 3 phase inilah yang akan menanggung beban resistif, beban induktif, dan kapasitif (suplai pembangkit). Artinya kita yang memakai arus listrik 1 phase 220V hanya tinggal menikmati namun tetap dalam perhitungan penggunaan beban seperti motor pompa air,  kipas angin dan lain sebagainya, melalui alat kwh meter.

Beedasarkan artikel lainya yang saya baca 220 V pada tegangan rumah  ini sudah memiliki kapasitor pada penggunaan motor pompa air, kipas angin dan lain sebagainya untuk mengatasi daya reaktif. Meskipun namanya daya, daya reaktif bukan berarti daya nyata. Pada dasarnya adanya daya reaktif disebabkan pemakaian motor induksi 3 phase atau yang bersifat induktif  tanpa penggunaan kapasitor. Secara teori daya reaktif menyebabkan efesiensi pembangkit ( daya nyata ) menjadi lebih berkurang karena adanya faktor daya yang bersifat lagging ( tertinggal ) dan leading ( mendahului ) untuk itulah penambahan kapasitor sebagai salah satu solusi mengatasi daya reaktif untuk penyeimbang serapan antara pembangkit, panjang penampang dan beban.

Berikut penjelasan singkat apa itu segitiga daya dan bagaimana cara memahami segitiga daya  :

Apa sih segitiga daya itu. Webpg
Apa sih segitiga daya itu?! 

Segitiga daya ( segitiga siku-siku atau trigonometri ) merupakan pengelompokan dari suatu pembangkit yang berupa daya nyata, daya semu dan daya reaktif karna pada dasarnya ada pembangkit ada daya listrik dan ada pula beban yang akan ditanggung oleh suatu pembangkit listrik. Beban apa saja itu seperti yang saya jelaskan diawal beban resistif, induktif, kapasitif. Beban seperti inilah yang akan kita hitung menggunakan rumus phytagoras.

Saya jelaskan dulu macam-macam beban  pada faktor daya :

Beban induktif adalah beban seperti penggunaan pada motor listrik 3 phase dan kapasitif adalah penggunaan  oleh beban motor kapasitor sedangkan resistif adalah rugi-rugi daya pada penghantar karna terhambat oleh panjang dan luas penampang suatu penghantar. 

Pada penjelasan dan pemahaman segitiga daya mungkin sangatlah sulit untuk paham betul Akan Tetapi inti dari segitga daya adalah pada gambar diatas. S(VA) biasanya dianotasikan dengan daya semu perlu di garis bawahi. Daya semu  adalah merupakah suatu daya yang terukur dan terbaca oleh alat ukur dan daya semu merupakan penjumlahan, pada daya reaktif daya nyata secara vektoris daya semu daya yang terukur atau daya yang terhitung dengan perhitungan rugi-rugi daya masuk dalam tabel jumlah keseluruhan.

Q (VAR) adalah daya reaktif satuanya adalah volt amper reaktif,  daya reaktif akan timbul jika kita menggunakan beban yang bersifat induksi elektromaganetik (beban induktif)  yakni pada penggunaan motor induksi baik motor kapasitor dan motor tanpa kapasitor. Induktif sama dengan fase tegangan mendahului arus dan kapasitif adalah fase dimana arus mendahului tegangan.
Bagaimana bung pusing ya.. Sama... Heheh

Lalu daya nyata adalah daya yang sebenarnya namanya juga daya nyata ya bosku. Pastilah sebenarnya.tidak akan membohongi, daya nyata adalah daya yang terbaca pada name plate pada pembangkit ( dengan perhitungan sudut cos phi = 0,8   atau bisa dianotasikan dengan daya nyata adalah yang dibutuhkan oleh suatu beban dan ini merupakan satuan dari watt . Jadi begini simpelnya pada daya nyata genset tidak akan semaksimal membenani ( pemakaian peralatan listrik dikarnakan ada rugi-rugi daya. Hal ini semisalnya genset 275 kva maksimal membebani atau sanggup maksimalnya sekitar 2200 Kw ini sudah pada perhitungan cos phi 0,8.

Nah di genset biasanya ada yang namanya faktor daya pada name plate genset sebesar 0,8 cos phi.
Jika cos phi mendekati 1 apakah baik? Sangat baik bosku semakin bagus daya nyatanya. Bagaimana caranya mendekati 1 dengan menerapkan atau memasang kapasitor bank. Hal ini dilakukan untuk menghidari rugi-rugi daya pada beban terpakai seperti elektro motor yang menyerap arus begitu besar.

Jangan main elektro motor bro kalau tidak mau didenda. Hehe

Daya adalah kecepatan melakukan kerja. Biasanya dengan satuan joule/ detik atau watt. Daya sama dengan jumlah energi yang dihabiskan per satuan waktu.

Catatan :

Segitiga  daya adalah pengelompokan dari suatu pembangkit yakni Daya semu, daya aktif daya nyata yang dimana pembangkit tidak semaksimal membebani pemakaian peralatan listrik dikarnakan adanya faktor daya dengan nilai 0,8. Hal ini lebih kepada bentuk rugi rugi  daya yang dimana biasanya disebabkan oleh penyerapan arus yang besar biasanya ini penggunaan beban induktif dengan kata lain sebagai contoh elektro motor.
Belum lagi panjang penghatar dan segala macemnya, 

Jika kita melihat gambar segi tiga daya diatas dapat disimpulkan segitiga daya merupakan bentuk dari perhitungan suatu kapasitas pembangkit dengan daya aktif, daya reaktif dan daya semu sebagai acuan memaximalkan daya nyata itu sendiri.

Penutup

Saya rasa agan-agan mungkin pusing dengan yang saya jelaskan, atau saya yang pusing sendiri...heheh,  saya rasa cukup penjelasan diatas tentang judul segitiga daya pada suatu pembangkit.  semoga bermanfaat.

Dari sini paham....

Semoga saja..

Saya ucapkan terima kasih.

Da da da da....








Related Posts