Cara memperbaiki kontaktor yang bergetar ketika diberi sumber listrik

Assalamulaikum,  wa'rahmatullahi, wabaarokatuh. 

Pendahuluan

Hallloooooooooooo,  selamat pagi brother.. sahabat teknik maintenance worskhop, pada artikel kali ini saya ingin membahas. bagaimana memperbaiki kontaktor bergetar seperti antara mengunci dan tidak mengunci,  oleh karna itu saya rasa artikel ini sangat mungkin page one...hehe.

Tapi sebelum kita masuk pada pembahasan, teman-teman jangan lupa suport channel youtube saya ya... Semoga channel youtube saya bisa berkembang dan saya punya mimpi naikin mak dan babe aye ke haji.  Amin. 

Langsung saja kita gasken....

2. Dasar teori / langkah pengerjaan

Kontaktor pada dasarnya kerusakan yang sering terjadi adalah kontak utama pada kontaktor ( kontaktor tidak mengunci dan terkunci) ketika diberi sumber listrik, maka kontaktor bergetar menimbulkan suara bising atau berisik seperti kontaktor bersuara (kretektek, tek,  tek.) dan akan hilang kebisingan kontaktor ketika sumber dicabut. 

Apa saja sih kerusakan kontaktor dan cara mengatasi kontaktor yang berisik / setengah mengunci bikin bergetar.  4 hal penyebab kontaktor bergetar bersuara bising / kontaktor  bersuara berisik sebagai berikut :

1. Debu didalam kontaktor
2. Per atau pegas koil pada limanisi baja kontaktor terjepit
3. Sumber kemagnetan tidak mengenai kontak utama dan bantu.
4. Korosi
5. Koil kontaktor tidak kuat

Pada penyebab diatas kontaktor yang rusak berusuara bising dan bergetar dapat kita lakukan perbaikan dengan melakukan langkah tiap langkah,  agar kontaktor dapat normal kembali


Jadi  apa saja langkah perbaikan pada kontaktor dan cara mengatasi kontaktor yang berisik/bergetar bmenimbulkan suara bising sebagai berikut :


Pada langkah pertama dalam memperbaiki kontaktor yang bergetar jelas sekali teman-teman harus membuka dan melihat isi didalam kontaktor apa saja yang membuat kontaktor tersebut rusak (kontaktor rusak)  dan tidak dapat mengunci berikut langkah mengatasi hal tersebut. 

1. Debu didalam kontaktor 

Ada baiknya teman-teman membersihkan debu didalam kontaktor, karna bisa jadi debu tersebut yang tidak menghubungi sumber kemagnetan pada kontak utama phase (sumber api)  kekoil seperti gambar berikut:

Cara mengatasi kontaktor yang bergetar saat diberikan sumber arus listrik. Wepg
Penyebab kontaktor bergetar


Pada penjelasan gambar diatas terminal A1 pada kontaktor yang mensuplai arus listrik melalui lubang kecil penghubung terminal A1 dan A2 ke koil teman-teman bisa melihat lubang kecil diatas gamabar (kesumber koil) lalu lihat apakah lubang  tersebut benar-benar rapat pada terminal kaki sumber kontaktor,  jika tidak rapat maka kontaktor akan rusak dalam arti memberikan sumber setegah ke koil tersebut yang dapat menyebabkan kontaktor mengeluarkan suara berisik...tretektektek.

Lantas bagaimana cara memperbaiki kontaktor yang seperti ini...

Rapatkan, tekan menggunakan obeng. 

2. Per (pegas) pada kontaktor

Dalam kasus penyebab kontaktor yang bergetar menimbulkan suara bising bisa jadi pegas pada kontaktor terjepit alhasil kontak utama pada kontaktor tidak menyatu, yang dapat menyebabkan tertahananya plat laminasi baja pada per pegas tersebut dan menibulkan getaran. Untuk itu teman-teman hendak memperbesar silinder pada per pegas pada kontaktor, agar tidak terhalangi pada saat penguncian dan memotong per pegas yang ada pada kontaktor untuk meringankan tekanan pada per peggas saat penguncian kontaktor, lihat gambar dibawah ini :

Cara mengatasi kontaktor bergetar ketika diberikan arus listrik. Wepg
Cara mengatasi kontaktor bergetar

Gambar diatas bisa saja terjadi, lakukan pengecekan dan pemotongan per pegas atau menekan per pegas agar lemah saat koil bekerja dan mengunci plat laminasi.


3. Sumber kemagnetan kontaktor A1 dan A2

Pada dasarnya  penyebab kontaktor yang bergetar saat diberikan suplai arus listrik sama seperti gambar diatas jadi teman-teman bisa melihat contoh gambar diatas gambar 1,  pada terminal A1 dan A2 suplai arus listrik kontaktor yang terhubung ke koil atau kumparan kontaktor (biasanya pada bagian ini kumparan setegah bekerja) sehingga kontaktorpun setengah mengunci atau setegah memberikan suplai arus listrik ke koil jadi teman-teman bisa menjepit atau merapatkan bagian penghubung kaki sumber ke koil sperti gambar no 1 agar suplai listrik ke koil bisa 100 persen bekerja.

Sampai disni bisa dimengerti kan bahasanya...
Semoga saja ya....
Lanjud lagi ke bagian no 4 penyebab kontaktor begetar.


4. Korosi

Bagian ini banyak sekali sering terjadi pada kontaktor yang sudah lama terpakai,  atau terkena embun,  hujan dan lain sebagainya dan menimbulkan korosi dibagian dalam kontaktor, langkah ini teman-teman hanya memerlukan amplas halus untuk menghilangkan korosi pada laminasi,  per pegas, kaki sumber seperti gambar diatas, mengamplas bagian-bagian dalam kontaktor yang sudah karatan.

5. Penyebab salah satu kontaktor bergetar atau berisik adalah koil pada kontator yang tidak kuat menekan per pegas atau lemahnya kemagnetan pada kontaktor hal ini terjadi gulungan atau koil sudah lemah (magnet melemah) dan sudah terbakar, untuk mengetahui koil terbakar ada 2 opsi secara visual dan secara pengukuran.

Kontaktor pada koil yang sudah tidak kuat menyebabkan berisiknya kontator tersebut kalian dapat mengukur tahanan pada koil kontator dengan mengacu pada kontaktor yang rusak dan bagus lihat selisih tahanan.
Kemudian jika diberi tegangan pada kontaktor anda dapat menyentuh koil jika panas artinya sudah tidak bagus atau rusaknya kontaktor kumparan kontator tersebut. Anda dapat mengganti koil kontaktor yang rusak dengan koil kontator yang bagus dengan cara kanibal.

Catatan : sebelum menyentuh kontaktor Pada koil pastikan tidak ada sumber listrik.


3. Penutup

Saya rasa cukup penjelasan tentang memperbaiki kontaktor yang bergetar (bising)  ketika diberikan sumber listrik.

Semoga bermanfaat

Salam hangat

Terima kasih telah berkunjung brother

Bye-bye.....

Tonton juga video saya berikut ini :

Cara Bongkar kontaktor dan penjelasan isi didalam kontaktor










Related Posts