Tips cara cepat belajar menjadi teknisi listrik

Asalamualikum, wr, wb.

1. Pendahuluan

Pada kesempatan kali ini saya sebagai penulis artikel ini, ingin memberikan teori dasar listrik maupun tips belajar listrik untuk pemula, tapi sebelum kita masuk pada pembahasan artikel dengan judul diatas yaitu  cara belajar listrik untuk pemula yang ingin tahu. Tentang kelistrikan atau teman-teman yang ingin mendalami belajar listrik, mungkin dengan adanya artikel ini bisa memberikan sedikit pencerahan.

Tips cara cepat belajar menjadi teknisi listrik.jgp
Tips cara cepat belajar menjadi teknisi listrik


Yuk disimak..

2. Dasar teori

Listrik merupakan rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran, kemunculan, aliran muatan listrik, seperti yang kita ketahui listrik dapat menimbulkan berbagai macam efek seperti petir, listrik statis, arus listrik dan induksi elektromagnetic .

Pada artikel ini saya tidak akan membahas secara lingkup yang luas tentang listrik. Namun Disini pada artikel ini saya ingin memberikan beberapa tips dasar agar teman-teman paham dengan bagaimana menjadi seorang tukang listrik atau bahasa kerenya mekanik listrik, Wihhh kerennn. Hehehe. 

Dengan kata lain secara sederhananya, teman-teman langsung siap ketika sudah mendapatkan bayangan tentang bagaimana menjadi seorang tukang listrik, apa saja sih yang harus kita siapkan untuk menjadi seorang teknisi listrik? Dan bagaimana untuk menjadi sorang teknisi listrik? Jadi ada beberapa yang harus teman-teman pelajari tentunya dasarnya saja yang akan saya berikan agar teman-teman mendapatkan pencerahan. Untuk itu teman-teman yang ingin terjun ke dunia listrik pasti tidak takut listrik. 

Ini dia ni tips-tips untuk teman-teman yang ingin belajar listrik atau menjadi tukang listrik.

Semoga dengan adanya artikel ini teman-teman mendapatkan pencerahan bagaimana cara cepat menjadi tukang listrik. 4 point wajib :

1. Mental

Mental.....hemmm, untuk mental adalah hal yang harus saya utamakan dalam penulisan menjadi tukang listrik, karna tanpa mental tidak takud tersengat listrik adalah hal yang wajib dipegang pada diri sendiri, pernah dengarkan pribahasa sepandai-pandai tupai melompat, maka akan jatuh juga. begitupun orang listrik, jadi harus dipikirkan mateng-mateng untuk menjadi seorang teknisi listrik atau tukang listrik. Karna tersengat listrik adalah hal lumrah bagi  atau menjadi tukang listrik, tapi kembali lagi pada kehati-hatian, teliti maupun pemasangan APD (alat perlindungan diri) dan jika semua sudah kita terapkan pada diri sendiri, tinggal doa dan kehendak kuasa.

Cool....men, hehehe.

2. Sumber Arus Listrik

Seperti yang kita ketahui ada 2 macam sumber arus listrik yaitu :

1.  Arus listrik searah (DC)

2. Arus listrik bolak-balik (AC)

Untuk bisa menjadi teknisi listrik kita haruslah mengetahui suatu sumber arus listrik yang digunakan pada suatu peralatan baik itu input maupun output dengan memanfaatkan membaca name plate suatu spesifikasi pada peralatan listrik yakni arus yang diggunakan maupun tegangan (Volt) yang digunakan pada peralatan kelistrikan tersebut.

Untuk menjadi tukang listrik teman-teman diwajibkan mengetahui apa itu listrik 1 phase  dan  listrik 3 phase, dengan nilai tegangan yang berbeda yakni 220V dan 380V inipun masuk dalam katagori Tegangan rendah (SPLN), begitupun dengan kabel yang digunakan baik 1 phase maupun 3 phase.

3. Alat ukur

Alat ukur adalah suatu hal yang sangat penting bagi seorang teknisi listrik / tukang listrik karna alat ukur ini adalah untuk mengetahui suatu kondisi tentang  suatu arus, tegangan, tahanan dan lain lain, apa saja alat ukur yang saya maksud, yang harus dipelajari untuk menjadi seorang teknisi listrik yang pertama kali adalah multitester. Teman-teman bisa lihat digoogle maupun youtube untuk dasar menjadi seorang teknisi listrik.
Jika teman-teman sudah paham Alat ukur multitester insha alloh alat alat yang lainya tinggal menyusul untuk dipahami.

4. Wiring diagram

Wiring diagaram adalah skema pembacaan untuk pemasangan instalasi listrik maupun keadaan penempatan lokasi peralatan komponen listrik. Misalnya instalasi komponen kontrol, instalasi kabel rumah. Semua aspek kelistrikan memerlukan wiring diagram.
Pasti yang mampir dimari dan lagi baca ni, jago kayanya kamu...iya kamu...

Dari ke 4 point diatas adalah sedikit pencerahan tips cepat menjadi tukang listrik atau sebagai teknisi listrik,  mungkin dengan adanya artikel ini teman-teman sudah mendapatkan bayangan jadi tukang listrik dan juga jadi mekanik listrik mungkin ada kawan-kawan yang ingin menambahkan tips cepat belajar jadi tukang listrik.

Silakan tambahkan dikolom komentar

Jangan sungkan untuk komentar.
Gas dedek bang...heheh

Oke saya ucapkan salam hangat

Wassalamualaikum,wr, wb.

Bye - bye.

Related Posts