Teknik merubah saklar on/off mesin las portable menggunakan mcb

assallamualaikum, wr, wb.

1. Pendahuluan

Haloooooooooo, sahabat teknik maintenance workshop, hari ini saya ingin memberikan atau menulis artikel tentang bagaimana cara merubah saklar pada mesin las portable agar skalar pada mesin las awet. Simak dan baca sampe habis.

Gas? jangan romah...ngk apa-apa ani.

Ya udah gas aje.

2. Dasar teori

Mesin las portable pada umumnya di gunakan untuk menyambung besi atau melekatkan plat dengan berbahan metal satu sama lain, mesin las portable pun terkadang  sering rusak karna efek thermal pada penghantar atau arus yang digunakan  secara terus menerus membuat rusak bagian peting power  saklat ON/OFF pada mesin las, oleh karna itu wajib menggunakan bahan yang kuat pada pengsaklaran mesin las portable yang kita gunakan agar mesin las portable dapat digunakan dalam waktu jangka yang lama.


Teknik merubah saklar on/off mesin las portable atau cara merubah saklar pada mesin las gendong menggunakan mcb 





Dalam kasus ini mesin las portable jika digunakan dalam waktu yang lama misalkan 24 jam pengelasan tanpa henti dengan arus yang digunakan (125 amper DC) maka, akan membuat jalur thermal pada sebuah konduktor.

Dalam artikel ini teman-teman akan sangat mungkin mendapatkan sedikit pencerahan, untuk mengatasi kerusakan yang sering terjadi pada mesin las portable atau kerusakan pada mesin las gendong, karna pada artikel saya sebelumnya saya menggunakan saklar toggel untuk mengatasi keruskan saklar tersebut.

Jadi skalar tersebut masih kurang awet, karna batas kemampuanya yang terlalu kecil saya anggap gagal.

Seperti yang saya jelaskan kerusakan mesin las portable ini biasanya pada skalar, atau kabel power (pada kabel power sepatu kabel sering longgar) terus ada lagi kendala mesin las portable ini seperti potensio meter jika diperhatikan pada digital indikator arus yang tidak konstan alias berubah-ubah.

Untuk itu artikel ini mengatasi cara memperbaiki mesin las portable mati total dengan cara merubah pengsaklaran dengan mcb 25 amper agar tahan terhadap efek thermal yang dihantarkan arus maupun kabel konduktor pada mesin las, tapi dengan melakukan pegecekan terlebih dahulu apakah benar keruskaan tersebut berasal dari saklar mesin las. Jika benar maka dengan menganti skalar yang kapasitasnya lebih besar dari arus mesin las yang digunakan.

Mungkin itu saja yang saya dapat sampaikan dengan judul artikel cara memperbaiki mesin las portable ini. Terima kasih telah berkunjung salam hangat.

Bye-bye....












Related Posts