Cara mengatasi tegangan / voltase pada Generator tidak stabil

Assalamualaikum, wr, wb

1. Pendahuluan

Halo sahabat teknik maintenance workshop?! Apa kabar genk? Semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja, hari ini saya akan membahas tentang judul cara mengatasi tegangan pada genset atau generator  yang naik turun. Generator atau genset pada tegangan atau voltasenya  yang tidak stabil pernah kita perbaiki dengan kapasitas genset atau generator 275 KVA, dan  pada pengalaman pribadi saya, begini cara mengatasi tegangan atau voltase pada genset tidak stabil (naik / turun), simak dan Pahami jangan melamun. Wedew gaya lo....hehehe.

2. Dasar Teori



Cara mengatasi voltase pada generator tidak stabil.jpg
Cara mengatasi tegangan generator tidak stabil


Seperti yang kita ketahui, genset  / generator merupakan peralatan pembangkit tenaga listrik diindustri dengan kapasitas menengah maupun tinggi  oleh karna  itu kadang kala genset / generator mengalami trouble atau probelem dan tidak seterusnya genset / generator kondisinya baik-baik saja selamanya. Jadi perlu kita rawat dan running tanpa beban guna mengetahui kondisi suatu mesin baik atau tidak, takudnya ketika tidak adanya perawatan atau pengecekan genset / generator. pas kita butuh sumber listrik yang berasal dari genset atau generator seketika trouble atau problem perbaikan.

Untuk itu perlu pengecekan dari segi oprasional suatu generator atau genset, Guna menghindari hal yang tidak di inginkan. Seperti tegangan genset tidak stabil atau tegangan genset naik / turun

Oleh karna itu perlu diketahui apa saja penyebab genset / generator yang tegangan dan voltasenya naik dan  turun ( tegangan tidak stabil) :

1. Cek kondisi tangki bbm

Pertama cek kondisi pada tangki bahan bakar minyak genset / generator karna pada dasarnya suplai bahan bakar untuk genset atau pltd. ketika tangki solarnya habis atau tinggal sedikit, otomatis pada sistem 4 langkah mesin disel tidak terjadi pengkabutan bahan bakar dengan begitu mesin dieselpun otomatis tidak masimal untuk memutar generator, sehingga mengakibatkan tegangan atau voltase pada genset naik turun alias tidak stabil.

2. Volume Gas pada Genset/ PLTD (pembangkit listrik tenaga diesel)

Seperti yang kita ketahui genset atau mesin diesel  umumya volume gas yang terdapat pada mesin diesel / genset mempengaruhi kecepatan putaran pada generator karna adanya kopling yang terdapat pada genset / PLTD, nah untuk itu volume gas pada genset apakah sudah sesuai, guna mengatur tegangan yang kita inginkan.

3. Cek kabel pada input / output AVR (aoutomatic voltage regulator)

Seperti yang kita ketahui AVR sangat berpengaruh pada pengaturan voltase yang didapat untuk mensuplai pasokan energi listrik ke beban, untuk itu perlu pengecekan kabel apakah sudah benar dan apakah sudah kenceng skrup input / output pada genset.

Nah jika semua langkah pengecekan sudah dicoba untuk tapi masih naik turun, sbneranya saya bisa langsung masuk ke inti cara mengatasi tegangan pada genset atau PLTD yang tidak stabil atau naik / turun, tapi karna saya mencukupi artikel dengan kata kunci untuk itu saya berikan jabaranya...heheh....


Sebenarnya penyebab naik / turun voltase atau tegangan pada genset adalah AVR (automatic voltage regulator) tersebut, dan ada pengaturan settingan yang ada di AVR,  karna saya pernah mengalami hal serupa tegangan pada genset tidak stabil pada instrumen panel amper voltase naik / turun berikut gambar yang perlu diputar agar genset tersebut voltase yang di inginkan pas, berikut gamabar AVR ( automatic volatage regulator) yang perlu disetting :

Cara mengatasi  tegangan / voltase pada genset tidak stabil

Pada gambar diatas adalah contoh gambar penunjukan yang hendak teman-teman lakukan dengan memutar penstabil tegangan yang ada digambar dengan memutar searah jarum jam, agar tegangan pada generator tidak naik / turun atau (stabil) .


4. penutup


Semoga bermanfaat, saya ucapkan terima kasih telah berkujung ke blog saya, semoga teman-teman bisa mencari solusi disni.

5. Saran / pesan

5.1 pesan

1. Selalu gunakan safty untuk APD (alat perlindungan diri) dan jangan lupa berdoa.

2. Ada baiknya pengecekan AVR (automatic voltage regulator ) dilakukan dengan melepas AVR tersebut dengan pengencekan secara detail.

3. Selalu menerima kritik yang membangun pribadi lebih baik.

5.2 saran

1.  Baiknya Pemutaran  AVR penstabil tegangan dilakukan pada saat generator  hidup dan menggunakan beban, agar penstabil tegaangan lebih mantap.

2. Berkomentarlah dengan baik dan sopan.


Terima kasih telah berkunjung...
Semoga bermanfaat.

Wassallamualikum, wr, wb.

Bye-bye


Related Posts