Cara memperbaiki lampu (blor / headlamp led)

Assallamulaikum, wr, wb.

1. Pendahuluan

Jumpa lagi bersama mamang teknik maintenance workshop hari saya meperbaiki senter Blor  dari titipan teman yang rusak, pada lampu blor ini atau lampu senter (blor / headlamp) led dalam kondisi tidak menyala ketika seorang teman ingin meminta saya memperbaikinya. Saya pun yes yes aja..padahal saya tidak tahu apa-apa tentang cara memperbaiki lampu blor  atau headlamp led ini.

Simak terussss.....asal jangan ada jurang diterusin.


2. Dasar teori

Cara memperbaiki lampu headlamp led.jgp
Cara memperbaiki lampu headlamp


Biasanya lampu headlamp disebut juga dengan lampu blor, lampu blor umunya digunakan untuk keperluan para nelayan atau para pencari ikan dilaut pada malam hari, ya iya la masak siang hari. Nah kalau sudah rusak lampu blornya bagimana cara memperbaikinya. Tentu dirasa sulit untuk pemula atau bukan orang listrik. Pada dasarnya ada beberapa kerusakan lampu blor atau lampu headlamp led ini, yang sering saya perbaiki, dan cara mengatasi kerusakan lampu blor / headlamp led tidak menyala Adalah dengan cara pengecekan langkah demi langkah berikut 

Peyebab lampu blor headlamp tidak menyala :

1. Baterai 

Dalam mengatasi kerusakan lampu blor pada Baterai atau batre pada lampu  blor headlamp led ini karna termakan usia maupun soak.

Lalu bagaimana cara mengatasinya :

Temen-temen bisa menggati batre dengan yang baru atau mencari yang bekas yang masih bisa digunakan dengan sedikit modifikasi. Dengan kapasitas  tegangan baterai 5V terserah mau berapa unit baterai yang terpenting 5 V (batasan maksimal) bisa dipararel.


2. Lampun led putus

Bagaimana cara memperbaiki lampu blor yang putus pada bola lampu lednya :

Penyebab lampu headlamp tidak menyala.jpg
Penyebab lampu headlamp tidak menyala

untuk meperbaiki lampu  blor headlamp ini kita bisa melakukan pengecekan pada lampu led blor headlamp, lampu led  blor headlamp yang rusak terdapat tanda hitam (terbakar) karna panas atau ada yang rusak pada kompenen  pada lampu blor headlamp temen-temen bisa melakukan pengecekan menggunakan multitester saya anggap teman-teman boy band sudah paham bagaiamana cara menggunakan multitester.
Saya punya resep untuk mengatasi masalah rusaknya lampu blor pada  bohlam lednya, teman teman bisa membeli lampu senter biasa dan meyolder kembali atau teman-teman bisa mencari lampu blor led di onlineshop. Kalau tidak bisa juga teman-teman bisa mencari lampu led bekas dan mengantinya dengan yang rusak tadi.

Silakan kunjungi disini untuk yang belum paham :


3. Cek kabel soket headlamp led

Untuk cara mengatasi kerusakan lampu blor pada kabel teman-teman wajib mengetahui terlebih dahulu 
Kenapa lampu blor led tidak menyala,mungkin sebelumnya terjadi benturan kerasa atau terkena air menyebabkan kabel pada socket headlamp ini putus silakan cek menggunakan multitester/multimeter.
Jika semua sudah dicek kabel socket blor maupun kabel lainnya, dengan multitester barulah kita bisa memperbaiki dari hasil pengukuran kerusakan kabel tersebut :

Cara mengatasi kerusakan kabel  pada lampu blor cukup mudah :

Cukup gunakan kabel baru jika pengukuran sebelumya kabel tersebut sudah tidak layak dipkai, lalu solder kembali kabel atau bisa menyabung menggunakan isolasi saja.

4. Saklar ON / OFF lampu  blor rusak

Nah  untuk mengatasi kerusakan pada bagian saklar on/off lampu blor pada cek kaki pada komponen saklar yang terhubung pada saklar lampu blor / headlamp led ini.  Takudnya kaki saklar tidak terhubung pada papan sirkuit.
Lalu cek tombol lampu blor pada mode menghidupkan lampu apakah ada yang membuat tombol on/off tersebut seperti menganjal bisa jadi ini adalah korosi pada elemen kaki tombol yang terhubung pada papan sirkuit, cukup gunakan wd atau oli secukupnya guna memperlanjar kinerja tombol pada lampu blor.


5. Cara mengatasi kerusakan Komponen pada lampu blor headlamp led

Ini yang paling ribet keruskan komponen pada papan sirkut lampu blor , karna arus pendek, terkena air dan lain sebagainya. Lakukan pengecekan semua kompenen dipapan sirkuit seperti resistor, dioda, jalur komponen, kaki kompenen dan lain sebagainya, dengan menggunakan multitester, jika ada yang rusak silakan beli baru atau teman-teman bisa mengambil Kompenen elektronika copotoan lampu bekas yang masih bisa terpakai yang sama kapasitasnya.

6. Socket pengecas headlamp

Nah ini dia biasanya Sering terjadi karna pada soket tersebut kaki ke papan sirkuit lepas atau sering longgar, akibatnya lampu headlamp led tidak menyala karna baterai tidak mengisi.  Untuk cara mengatasi pada bagian soket pengecas ini teman bisa cek lobang socket pada lampu blor ini, apakah kakinya ke papan sirkuit sudah kuat atau kendur, jika kendur lakukan penyolderan ulang. Jika tidak bisa juga buat sambungan kabel saja untuk kabel positf dan negatifnya, dengan cara penyambungan secara manual adpator ke ke jalur kabel yang saya sarankan tadi (membuat jalur pengecas lampu blor dengan penyambungan kabel

7.  Cara mengatasi Pengecas lampu blor headlamp led tidak terisi :


Salah satu penyebab tidak menyala lampu headlamp adalah pengecas pada lampu blor nah bisa jadi pengecas pada headlamp atau lampu blor anda tidak mengisi karna kekurangan daya,  saran saya coba ganti pengecas atau bisa cek tegangan pada pengecas tersebut apakah kurang dari 5 volt DC, jika kurangya parah di angka 3 volt, ganti dengan yang baru atau teman-teman bisa memilih opsi modifikasi lihat name plate pada pengecas berapa tegangan pengecas bawaan dan cari pengecas yang nilai pada name platenya sama, silakan dicoba dan terapkan, insha alloh lampu headlamp anda menyala.


3. Penutup

Saya rasa cukup 

Penjelasan cara memperbaiki lampu headlamp yang tidak menyala.

Terima kasih salam hangat....bye-bye..








Related Posts