cara menggunakan mesin bor listrik

Asallamualaikum, wr, wb

1. Pendahuluan 

Hallo sahabat teknik maintenance workshop, ap kabar ?! Semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja. Bertepatan dengan besok tahun baru saya ingin mengucapkan selamat tahun baru. Pada artikel kali ini saya ingin meberikan pencerahan tentang bagaiamana teknik menggunakan mesin bor listrik dan bagaImana cara menggunakan mesin bor listrik yang baik dan benar yakni mesin bor  listrik untuk pemula.

Gas kagak ni...hayuk digas....!!!


2. Dasar Teori


Mesin bor listrik / mesin bor tangan adalah suatu alat digunakan untuk membuat lobang untuk kedudukan  plat besi maupun untuk mebuat lobang pada beton, kayu dan lain sebagainya agar memakasimalkan penanaman / pemasangan baut, pada beton, maupun plat besi.

Untuk itu  pada artikel ini pengenalan mapun cara menggunakan mesin bor akan saya jabar disni simak tutorial mesin bor tangan  untuk pemula sekalian, agar tahu konsep penggunaan cara memaksimalkan mesin bor tangan karna jika pemasangan maupun cara dalam menggunakan bor listrik ini salah bisa fatal yang menyebabkan, kebutaan, dan efek luka-luka akibat salah konsep baik dari segi penggunaan mesin bor tangan dan cara membuat lobang dengan menggunakan mesin bor.

Pada artikel ini saya sedikit memberikan pencerahan tentang bagaimana cara menggunakan mesin bor listrik yang baik dan benar / mesin bor untuk pemula, simak gambar dibawah ini :

Cara menggunakan mesin (bor listrik / mesin bor tangan)
Cara menggunakan mesin bor listrik

Pada gambar diatas adalah gambar  penunjukan angka pada mesin bor tangan / mesin bor listrik yang teman-teman jadikan acuan sebagai contoh penjelasan gambar diatas untuk pengenalan tampilan yang ada pada mesin bor listrik dan biasanya bor listrik disebut juga dengan mesin bor tangan. Berikut ulasan cara penggunaan mesin bor :

1. Lobang mata bor 

Pada mesin bor listrik 220 VAC lobang mata bor ini teman-teman bisa memasang mata bor dari ukuran terkecil dan terbesar  maupun melepas mata bor listrik, lihat gambar diatas tersebut biasanya dikombinasikan dengan nomor 1 dan 2 dan nomor 4. Kita lanjud pada pada penjelasan no 2 di gambar.

2. Lobang memasang / melepas mata bor tangan.

Bor tangan listrik ini biasanya terdapat lobang untuk melepas maupun mengunci mata bor dengan alat pada gambar Nomor 4.

3. Alat bantu pegangan mesin bor listrik

Pada gambar nomor 3 alat pemegang ini digunakan untuk menahan getaran maupun meberikan gaya tekan lebih kuat agar mesin bor listrik dapat membuat lobang pada bahan yang kuat milkan pada material tembaga atau busbar kelistrikan. Biasanya alat pemegan ini dipasang diantara kepala mesin bor.

4. Pembuka / pelepas mata bor listrik 

Pada gambar no 4 ini adalah alat yang bisa membuka mata bor maupun memasang mata bor, dengan kombinasi nomor gambar 1, 2 dan 4.

5. Merubah putaran mesin bor listrik

Bor tangan ini bisa merubah arah putaran ke kanan maupun kekiri putaran, biasanya ketika kita mengebor dengan arah ke kanan maka mesin bor listrik pada mata bor akan sulit mencabut pada bagian mata bor listrik, nah dengan merubah arah arah pada gambar no 5 ini tekan kebawa maka mesin bor listrik ini akan merubah putaran mesin bor listrik ini.

6. Volume putaran mesin

Pada gambar no 6 ini mesin bor mempunyai saklar seperti potensio, yang bisa menambah putaran stator yakni dari putaran yang lambat  sampai putaran cepat, teman-teman bisa mengunakan sesuai keinginan menggunakan mesin bor tangan ini.

Saya tambahkan seidikit untuk cara menggunakan mesin bor penerapan dalam melobang besi dan melobang beton ini ada ada 2 opsi penggunaan pada mesin bor tangan seperti gambar dibawah ini :


Cara menggunakan mesin bor.webp
Cara menggunakan bor tangan

Pada gambar diatas maka kita masuk pada pilihan cara menggunakan bor tangan untuk merubah putaran dalam melakukan pengeboran. terdapat dua pilahan untuk melobangi beton dan besi agar memudahkan teman-teman untuk membuat lobang dengan mesin dengan menggunakan mesin bor atau bot tangan ini, karna jika kita salah dalam memilih saklar pemindahan mesin bor maka kita akan susah dalam melobangi sehingga tidak maksimalnya pengeboran. Untuk itu perlu merubah saklar pada gambar diatas sesuai kegunaan yang hendak kita gunaakan antara bor besi dan mengebor beton atau dinding, pilihalah sesuai keinginan anda.

Dalam menggunakan mesin bor teman- teman bisa menerapakan dengan cara menekan bagian nomor 6 ini dengan menghidupkan mesin bor tekan dan lepas. Guna memaksimalkan dalam pembuatan lobang dan menjaga mesin bor agar tetap dingin. Oleh karna itu dalam menggunakan mesin bor, kita tidak lagi perlu menekan volume putaran secara terus menerus apalagi kita menjalankan mesin bor dalam kondisi menggunakan beban pembuatan lobang, karna dalam kondisi ini mesin bor listrik akan mengalami panas pada bagian mesin, untuk itu hindari menekan volume secara terus menerus untuk menghindari kerusakan pada mesin bor.

3. Penutup

Saya rasa cukup penjelasan dan pencerahan tentang cara pakai mesin bor listrik ini, semoga dengan adanya artikel ini bisa memeberikan manfaat, untuk itu jika,  artikel ini bermanfaat tolong share  kepada teman-teman sekalian.

Satu kebaikan jika kita dapat berbagi pengalaman dalam pengetahuan.

Saya ucapkan terima kasih telah berkunjung, salam hangat..

Love u sahabat teknik maintenance workshop.

Bye-bye.....






Related Posts