Penangkal petir (lightning protection) konvensional untuk rumah tinggal

Assallammualaikum, wr, wb.

Halo brother, salam hangat. Apa kabar !? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan bertepatan dengan musim hujan dan petir ada baiknya rumah tinggal teman-teman yang berlantai dua atau lebih, baiknya dipasang pengakal petir konvensional, guna menetralisir sambaran petir yang terjadi pada rumah agan-agan. Langsung saja kita masuk pada pembahasan yang ada :


1. Dasar Teori

Berdasarkan sumber yang saya baca penangkal petir konvensional cocok untuk rumah kecil atau bangunan lainya, apa itu penangkal petir konvensional?! Penangkal Petir Konvensional adalah instalasi listrik sederhana yang difungsikan untuk membuat saluran elektris (bersifat listrik) dari atas bangunan ke grounding, sistem grounding  / penangkal petir konvensional ini bersifat pasif atau sama dengan menunggu disambar kemudian disalurkan kebumi, penagkal petir konvensional memberikan perlindungan 45 derajat berbentuk kerucut.


Penangkal petir konvensional ini biasanya pada ujung  berbentuk runcing seperti tombak berikut lebih jelas simak pada gambar dibawah ini :


Terminal udara rod (lightning protection)
Sumber gambar pittas.gr

Pada gambar diatas teman-teman bisa melihat bentuk penangkal petir berbahan logam dan tahan karat ( tembaga, stainlees dan brons) artinya seperti yang saya jelaskan tentunya pada bahan material ini memiliki daya tahan cukup kuat dan tahan lama.

Pada rumah tinggal atau gedung berlantai sering kita jumpai penangkal petir berupa tombak ini (air terminal) dengan penghubungannya secara  pararel, secara gambar dapat dilihat dibawah ini :

Pemasangan lightning protection.jpg
Pemasangan lightning protection
       (sumber gambar : antipetir.com)

Pada gambar diatas adalah penggunaan terminal udara dengan elektroda batang yang ditancapkan kebumi dengan syarat pemasangannya secara pararel guna mendapatkan nilai sebaran yang merata dan juga nilai tahanan bumi yang kecil 5 ohm. 

Dalam kasus ini untuk menentukan nilai tahanan yang kecil butuh persiapan, dan butuh evaluasi serta jenis tanah dapat menentukan nilai tahanan pembumian yang kecil. Biasanya  dalam pemilahan terminal udara ini menjadi pilihan utama untuk penagkal petir seperti pada umumnya untuk melindungi rumah tinggal atau bangunan dari sambaran petir.

Setalah pemasangan pada terminal udara kabel konduktor, untuk menyalurkan ke bumi harus memenuhi standart untuk dilalui arus petir, dengan luas minimal 50 mm, jenis kabel atau kawat konduktor bisa menggunakan bahan tembaga atau aluminium, sangkar fareday adalah nama dari pemasangan lightning protection ini...dengan menghubungkan electroda batang yang ada dengan satu titik terminal udara sambaran akan menetralisir sambaran petir yang ada.

Tapi jelas masalah ekonomis adalah alasan untuk pemasangan perlindungan petir  jenis fareday ini, karna terlalu banyak menggunakan. Electroda batang.


Adapun pilihan untuk membuat gronding penangkal petir yang lebih murah,  franklin cone (jalur tunggal) adalah sebuah terminal udara yang terhubung kabel kondutor dari atas kebawah, ditancapkan beberapa meter kebumi dengan 1 batang elektroda batang saja, dengan nilai tahanan < 5 ohm ( untuk mencari nilai 5 ohm sangat sulit) perlu penambahan bentonit, garam dan arang. Adapun cara lainya dengan menembus batasan air yang ada dibumi atau bisa menggunakan sumur bor.

Catatan :

1. Dalam melakukan pemasangan elektroda batang untuk penangkal petir pilihlah elektroda yamg berbahan murni tembaga.

2. Pemilihan jenis tanah, kedalaman elektroda batang,  merupakan dasar untuk pemasangan anti petir yang baik untuk rumah tinggal.

3. Perhatikan setiap dasar dalam menentukan tahanan yang kecil dan standart puil dalam pemasangan anti petir untuk rumah tinggal.


Saya rasa cukup dan jelas penjelasan tentang  penangkal petir (lightning protection) untuk rumah tinggal, semoga bermanfaat, untuk teman-teman semua.

Jangan lupa untuk berkomentar dengan baik dan santuy, terima kasih.  Saya ucapkan  wasllamualikum, wr, wb.

Bye-bye

Related Posts