Cara memperbaiki kipas angin mini tidak berputar tapi ada getaran suara kipas

Assallammualikum, wr.wb.

1. Pendahuluan

Halo brother kembali lagi bersama blog saya mekanik Cak-macak, apa kabar semua?! Semoga dalam keadaan tidak beruang...heheh..karna ini bulan tua. Pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan tentang kipas angin yang tidak bisa berputar tapi ada getaran dan suara dengan kata lain kipas anginya ingin berputar tapi terhalangi atau terjepit degan stator kipas angin, kenapa begitu?! Simak didasar teori berikut.

2. Dasar Teori

Kipas angin mini ini tentunya simpel untuk dirumah bisa dibawa, bisa dipindah-pindah, tidak berat sama sekali, tentunya kipas angin mini ini sangat simpel. 

Cerita sedikit yah..tadi barusan ada temen ingin meperbaiki kipas angin mini yang tidak bisa mutar tapi ada geteran suara ingin berputar.

Jadi disini dalam meperbaiki kipas angin ini saya, mengakal-akali dengan trick pemasangan karet filter bensin. Tapi sebelum itu saya ingin bertnya apakah kipas angin teman yang rusak begini :


Jadi pada video diatas adalah contoh kipas mini yang tidak berputar tapi ada suara getaran pada kipas tersebut, gambar diatas contoh kipas yang telah saya buka tutup dan saya preteli.

Penyebab kipas tersebut adalah hancurnya rumah bearing dibagian rotor tapi ini model bearingya lain, mungkin susah untuk mendapatkan model bearing ini jadi saya mengakali dengan memberikan sedikit karet pada bagian skrup.

Penyebab utama kipas tidak bisa berputar antara lain sebagai berikut :

1. Bearin bagian belakang hancur
2. Rotor terhimpit dibagian liminasi baja pada stator
3. Bearing depan dan belakang terlalu kencang sehingga rotor tidak mendapatkan celah udara untuk berputar (gagal induksi electromagnetic)
4 banyaknya debu yang menumpuk.

Debu yang menumpuk pada kedudukan bearing :


Cara memperbaiki kipas angin mini.jpg
Cara memperbaiki kipas angin mini

Pada gambar diatas ada baiknya debu pada kedudukan bearing dibersikan, dari sisi depan maupun yang belakang.

Jadi pada langkah perbaikaan ini, saya menggunakan karet seperti berikut :


Pada gambar diatas karet ini saya dapat dari karet selang penyaluran bensin ke karbu motor. Saya potong kecil-kecil sekitar 1,5 cm. Untuk menstabilkan rumah bearing pada rotor kipas angin mini ini, agar tidak terlau kencang dan tidak pula teralu kendur pada sisi rumah bearing rotor kipas angin, Berikut peletakan karet pada skrup rumah bearing kipas mini :

Cara memperbaiki kipas angin mini yang tidak bisa berputar tapi ada suara dan getaran.jpg
Cara memperbaiki kipas angin mini yang tidak bisa berputar tapi ada suara dan getaran

Pada gambar diatas peletakan karet tersebut adalah untuk mengkokohkan rumah bearing bagian depan agar tidak bergerak maupun menutup perputaran rotor  ( sisi rotor terhimpit liminasi baja pada stator)

Makanya saya stabilkan dengan karet tersebut agar skrup, pada rumah bearing pada penguncianya lebih stabil.

Ternyata memang benar kipas yang saya pasang karet dan saya bersihkan memang sekarang telah dapat berputar kembali....mantul (mantap betul)

3. Penutup

Saya rasa cukup dan jelas tentang cara memperbaiki kipas angin mini yang tidak bisa berputar tapi ada suara dan getaran.

Semoga bermanfaat, salam hangat.
Saya ucapkan wassallamualikum, wr, wb.


Bye-bye...

Asiaaaappp.

Related Posts