Cara cek kondisi kabel baik atau buruk untuk pemula

Assallamualaikum, wr, wb

1. Pendahuluan

Selamat sore untuk para pencari tahu bukan tempe, kali ini saya akan membahas bagaimana cara melihat kondis suatu kabel baik dan rusak untuk pemula, mungkin bagi para suhu ini memang pekerjaan mudah, tapi tidak untuk seorang pemula yang ingin mencari tahu dan bukan tempe, mari kita masuk pada topik judul diatas, engkol mang.

2. Teori Dasar

Cara melihat kondisi suatu kabel baik atau buruk atau cara cek kabel yang rusak yang sangat mudah sekali, ini bagi yang terbiasa tapi bagi yang belum tentulah sangat sulit untuk menentukan hal tersebut, apalagi kalau kondisi kabel pas lagi hubung singkat, ohhhhh NO....

Untuk melihat kondisi suatu kabel baik atau buruk  dan cara cek kondisi kabel untuk pemula pertama-tama, baiknya teman-teman pemula mengetahui apa fungsi kabel untuk kelistrikan.

Kabel adalah suatu alat yang digunakan untuk mentransmisikan, sinyal dari suatu tempat ketempat lain. Kabel mempunyai jenis yang berbeda yakni kabel tembaga, serat optik, dan kabel koaksial, artinya ada 3 kabel  yang berbeda dengan kualitas dan kempauan pada hantaran sangatlah berbeda dari segi bentuk maupun dari segi kelenturan suatu kabel.

3. Peyebab kabel sering rusak

Ada beberapa penyebab kabel sering rusak yaitu sebagai berikut :

1. Konslet (hubung singkat)
2. Beban lebih atau efek thermal yang tidak sesuai kapasitas hantaran arus pada kabel
3. Pengaruh cuaca (kabel diluar ruangan) ada jenis kabel yang tahan terhadap cuaca dan ada pula yang tidak tahan terhadap pengaruh suhu maupun cuaca.
4. Kabel digigit tikus

4. Cara melihat kondisi kabel Baik atau rusak

Untuk melihat  kondisi suatu kabel teman-teman harus paham cara menggunakan alat multitester jika belom silakan kunjungi :

Cara menggunakan multitester analog


Oke, saya anggap teman-teman sudah paham cara menggunakan AVO meter.

Kita masuk pada judul diatas cara melihat kondisi kabel  listrik baik atau buruk untuk seorang pemula :

Cara mengecek kondisi kabel baik atau rusak untuk pemula. Jpg
Cara melihat kondisi kabel baik atau rusak untuk pemula

Bagaimana cara melihat kondisi kabel baik atau rusak, taman-teman harus tahu kabel mempunyai akhir dan awal atau ekor dan buntut ini agar teman-teman bisa paham dan mudah ketika mengukur kabel yang rusak atau baik.

Kabel 1 phase memiliki  2 kabel utama yaitu Pahase dan netral, phase biasanya berwarna merah, hitam

Sedangkan kabel netral mempunyai warna biru. Khusus 1 phase, tapi juga biasanya  ada yang merah (positif)  dan hitam (netral).

Ketika mengukur kondisi kabel  dan mengecek kabel teman-teman baiknya mengukur satu persatu kabel terlebih dahulu seperti gambar dibawah ini :

cara melihat kondisi kabel baik atau buruk bagi pemula. Jpg
Cara cek kondisi kabel

Pada gambar diatas adalah contoh mengukur kabel guna melihat kondisi suatu kabel apakah layak pakai atau tidak.

1. Ukur kabel satu-persatu dengan cara misalnya warna kabel biru  terlebih dahulu  dengan  menggunakan alat multitester.

Kabel probe multitester warna merah teman-teman hubungkan  keawal kabel warna biru dan kabel probe multitester warna hitam hubungkan ke akhir kabel warna biru lihat pada multitester jika bergerak jarum pada alat pengukuran berarti kabel tersebut kondisinya baik.

Tapi jika jarum tidak bergerak berarti kondisi suatu kabel yang teman-teman ukur berarti telah rusak.

Cara setting multitester untuk mengetahui kondisi kabel baik atau buruk  putar selektor main pada multitester Ke OHM.

2. Setalah  kabel warna biru barulah teman-teman mengukur warna hitam caranya sama saja dengan no 1 diatas.

Jika suatu kabel semua diukur hasilnya menunjukan kabel positif baik dan kabel negatif baik maka tidak perlu dikhawatirkan berarti kabel yang teman-teman ukur layak pakai.

Ini dalah contoh dasar pengukuran kabel untuk melihat kondisi kabel tersebut baik atau buruk, nanti tinggal teman-teman tinggal kembangkan.

Saya rasa cukup penjelasan cara mengukur kabel listrik baik atau buruk untuk pemula.

Jangan malu-malu untuk berkomentar, tapi komentarlah yang sopan.

Saya ucapkan terima kasih dan salam hangat

Bye-bye.


Related Posts