Cara menggunakan multitester / multimeter digital

Assallamualaikum, wr, wb.

1. Pendahuluan

Selamat siang, salam hangat. Bagaimana kabar agan , kawan, emak-emak, opa dan semuanya dan hari ini saya akan membahas artikel tentang cara menggunakan multitester atau multimeter digital untuk pemula yang belum paham tentang penggunaan alat ini. 

Jika kondisi agan-agan hanya paham sama cara menggunakan multitestes yang analog, tentu tidak sulit. Tapi bagaimana jika bagi penggunaan alat multitester digital untuk seorang pemula, jelas rasanya sulit. Berikut teori yang telah saya siapkan untuk menggunakan multister atau multimeter digital untuk seorang pemula. Gas pollll.

2. Teori Dasar

Multitester / multitester digital adalah suatu alat pengukuran kelistrikan  berfungsi untuk mengukur besaran suatu tegangan (volt), arus listrik (amper), tahanan (ohm), frekuesi (Hz), dari sekala terkecil hingga batas maksimal multitester digital tersebut, 

Cara menggunakan meultitester / multimeter digital. Jpg
Multitester / multimeter digital

Multitester atau multimeter digital ini terbilang sangat baik, dan canggih karna akurasi  pengukuran multitester / multimeter digital bagus, dari tampilan indikator penunjukan hasil pengukuran, dan spesifikasi sangat mantap.

 Adapun Cara menggunakan multitester / multimeter digital yang saya akan bahas pada hari ini  seperti gambar dibawah :

Cara menggunakan multitester / multimeter digital.jpg
Cara menggunakan multitester digital


Pada gambar diatas adalah gambar angka dan penunjukan tanda panah dan saya akan menjelaskan berdasarkan urutan navigasi nomor:

Navigasi Nomor pada gambar multitester / multimeter digital : 

1. Selektor pengukuran

2.kabel probe bantu (merah dan hitam)

3. Tombol pengukuran
a. Select
b.range
c. Segitiga rel
d.hold
F. Frekuensi (Hz)

1. Selektor pengukuran 

Selektor pengukuran adalah  suatu pengarahaan manual dalam melakukan pengukuran, terdapat garis arah dibagian atas selektor pengukuran guna menentukan pilihan yamg hendak kita ukur pada gambar terdapat beberapa keterangan pengarah pengukuran :

1. OFF - pada tulisan yang terdapat kata off adalah untuk mematikan atau memutus sumber listrik (multitester tidak akan berfungsi)

Arahakan selektor ini ke off jika ingin mematikan alat multitester ini

2. V, ⎓ , ⏦

Pada tulisan keterangan yang terdapat pada selektor pengerahan multitester digital ini adalah suatu pengarahan yang hendak kita ukur tertera diatas tersebut adalah pengukuran tegangan AC dan DC, saya anggap teman-teman paham dengan arus AC dan dC kalau belum silakan kunjungi disni klik link dibawah :

Pengertian arus listrik aAC dan DC

tegangan DC adalah arus searah contah misalkan kita hendak mengukur  tegangan atau volt batrai remote, aki motor, adaptor kita tinggal mengarahkan selektor ke arah ini karna merupakan peralatan dengan sumber arus listrik DC.

Untuk memindahkan pengukuran misalkan DC teman-teman hendak memindahkan ke AC  begitupun sebaliknya agenk cuma akan menekan tombol select dan untuk memindahkan 2 angka dibelakang koma, 3 angka dibelakang koma. tinggal tekan range pada no 3  navigasi  nomor gambar multister dengan kode angka dan tanda panah diatas.

Setelah itu ketika agenk memindahkan koma maka akan muncul satuan pengukuran tegangan mili volt (mV) maupun Volt (V).

3.  Mengukur tahanan (ohm), dioda, kapasitor, resistor , kabel putus dan lain sebagainya

Jika kita ingin mengetahui mengukur suatu alat elektronika sperti dioda, kapasitor, resistor kabel putus inilah yang temen-temen putar  dan arahkan pada gambar yang berwarna kuning pada alat multitester digital pada selektor.

Untuk mengarahkan temen teman pada pengukuran misalnya capasitor dengan satuan mF, tekan tombol select pada angka urutan no 3 (lihat gambar angka dan penunjukan)

4. Hz %

Frekuensi, atau Hz kita tahu bahwa dalam sistem tenaga  listrik indonesia menghasilkan frekunsi listrik  dalam 1 detik ( 50Hz) jika kita berbicara listrik AC  frekuensi listrik indonesia dalam 1 detik arus listrik AC, bolak - balik sebanyak 50 kali. Dengan kata lain Frekuensi 50 hz dalam 1 detik. Untuk mengukur frekuensi atau Hz tinggal arahkan selektor pengukuran pada multitester pada warna merah atau bertuliskan Hz %, nah untuk menguji apakah benar 50 Hz agenk bisa menggunakan kabel probe (bantu ) warnah merah dan hitam tinggal colok pada stop kontak listrik dirumah agenk.

Untuk mengubah persentase % pada frekuesi  Hz  tingal tekan tombol pada no 3 pada gambar multitester yaitu Hz dan % maka akan muncul  angka pengukuran persen 95,5 % dan Hz 50, sekian.

5. mA, ⎓ , ⏦

Pada pengukuran multitester ini mA adalah satuan arus listrik mA (mili amper) AC dan DC, perlu di ingat jadi disni mA adalah kapasitas maksimal arus listrik untuk alat pengukuran multitester digital. Jadi jangan dicoba untuk mengukur stop kontak  yang ada dirumah teman-teman.

Jika untuk merubah pengukuran arus (mA) AC arus listrik Bolak-balik   atau arus DC arus searah tinggal tekan select pada tombol  navigasi no 3 diatas yaitu select.

 Kapasitansi Maksimal arus 800 amper untuk kemampuan multitester digital.

2. Kabel probe musltitester / multimeter digital

Kabel probe ini adalah suatu alat bantu yang pada umunya jika kita berbicara multitester / multimeter kabel probe digunakan untuk menguji satuan besaran AVO meter, kabel probe sabagai  jalur penghubung pengukuran ke indikator  guna mengetahui angka dan nilai  suatu tegangan, arus, tahanan.

3. Navagasi Tombol  pengukuran pada multitester digital.

1.select

Fungsi select Merubah AC ke dc merubah ohm (tahanan) ke kapasitansi, mikro farad dan lain sebagianya.

2. Range

Merubah satuan pengukuran misalkan Volt ke mili amper, ohm ke mega ohm, ohm ke kilo ohm.

3. Segitiga REL ini sepengetahuaan saya untuk mengukur delta relative dari sinus tegangan.

4. Hold

Pengunci angka yang tidak tetap  menjadi tetap. Mislakan angka tersebut berubah-ubah ketika sedang diukur, maka tombol hold memantapkan angka tersebut.

5. Hz

Frekuensi pada  sistem tenaga kelistrikan dalam bentuk persen dan Hz

Tonton disini untuk lebih lanjut :




3. Penutup

Oke saya rasa cukup mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kalimat, huruf dan lain sebagainya.

Terima kasih telah berkunjung...

Sampai jumpa salam hangat.
Bye - bye.





Related Posts