Apa itu arus lemah dan arus kuat pada kelistrikan dan berikut perbedanya?!

Assallamualaikum.wr.wb.

1.pendahuluan

Pada kesempatan ini saya ingin menulis artikel dan membahas berdasarkan judul diatas yaitu apa itu arus kuat dan arus lemah dalam kelistrikan disni banyak yang belum paham mengenai arus kuat dan arus lemah....kita masuk pada pembahasan judul diatas :

2. Teori dasar 

Arus lemah dan arus kuat, kita bahas sikik-sikik (sedikit-sedikit), arus lemah dan arus kuat tentunya memiliki perbedan, apakah bedanya pada voltase?! Benarkah demikian?! Apakah bedanya pada arus atau amper ?! Belum tentu juga karna motor listrik ada juga yang nilai arusnya dibawah 1A. Ada juga suatu alat elektronika mempunyai atau menghasilkan nilai arus 1A. Jadi dimana bedanya, disni lah listrik arus lemah dan arus kuat sungguh menjadi hal yang belum dipastikan tapi disni saya akan menjelaskan perbedan arus kuat dan arus lemah pada kelistrikan.

2.1 Arus Kuat

Arus kuat adalah suatu sistem atau instalasi kelistrikan  yang memiliki arus yang cukup besar (arus kuat) contohnya ada pada trafo (transformator), motor listrik (motor induksi), panel-panel listrik, instalsi dirumah-rumah, kabel yang berukuran besar, gardu listrik dan lain-lain.

Apa itu arus kuat dan arus lemah.jpg
 Apa itu Arus kuat

Pada pemahaman ini arus kuat adalah suatu sistem kelistrikan yang menggunakan listrik tegangan menengah, tinggi, disebut juga dengan elektro arus kuat.

2.2 Arus lemah

Arus lemah adalah suatu sistem atau rangkaian yang berhubungan dengan elektronika atau kompenen elektronika, alat-alat eleltronik, komputer, televisi, ponsel, remote, dan lain sebagainya. Arus lemah juga dapat dikatakan / katagorikan  sistem kendali (control) seperti PLC, HMI, instrument, mikrokontroller dan lain-lain.

Apa itu arus lemah.jpg
Arus lemah


Arus lemah juga dianggap sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan listrik voltase rendah (tegangan rendah).
Arus lemah sama dengan elektronika.

Disni saya sedikit memberikan penjelesan, meski belum jelas mengenai perbedaan arus lemah dan kuat tapi setidaknya mendapatkan sedikit pencerahan agar teman-teman bisa mengetahui dari perbedan arus.

Tetapi saya mempunyai pandagan untuk perbedan arus lemah dan arus kuat, arus lemah adalah arus dan teganganya kecil yang bekisar antara dibawah 50V  dan nilai arus dibawah dibawah 100A. Sedangkan arus kuat  nilai tegangan 220V keatas dan nilai arus 100A keatas, (ini adalah pemikiran pribadi saya), bisa juga dibilang arus lemah untuk DC dan arus kuat untuk AC (banyak yang bilang begini) Ada juga yang bilang kalau arus lemah dipengang tidak menyebakan kestrum (kejang-kejang) dan arus kuat menyebabkan kejang-kejang bahkan kematian.

3. Penutup

Saya rasa cukup dan jelas tentang apa itu arus lemah dan arus kuat serta perbedanya, sebenarnya disni dalam artikel ini masih banyak yang harus dipertanyakan tentang arus lemah dan arus kuat, jelas artikel ini adalag contoh kecil dari pertanyaan teman-teman atau saya sendiri yang sedang mencari perbedanyan, untuk itu jika ada teman-teman yang sudah paham apa itu arus lemah dan arus kuat serta nilai tegangan maupun nilai arus kapasitas dari masing -masing arus, silakan tulis dikolom komentar, semoga bermanfaat salam hangat.

See u next time....

Bye - bye...


Related Posts