apa itu generator DC (direct current / arus searah) !?

Assallamualaikum, wr, wb.

1. Pendahuluan

Pada kesempatan ini, saya selaku penulis artikel ingin, memberikan penjelasan tentang generator searah atau yang dikenal dengan generator DC (direct current), tapi sebelum masuk pada penjelasan jangan lupa share terlebih dahulu artikel ini, langsung saja kita masuk pada pemahaman awal berikut ini.

2. Dasar teori 

Generator Dc umunya setiap generator sifatnya arusnya adalah bolak-balik, dan hanya bisa penjadi searah apabila disearahkan dengan ap?! Yapss dengan komutator, komutator berfungsi sebagai saklar mekanis atau penyearah secara otomatis merubah tegangan AC menjadi tegangan DC, apakah teman-teman sudah tahu Apa itu AC dan DC kalau belum silakan kunjungi link berikut :


Peritiwa perubahan tegangan AC ke DC disebut komutasi, komutasi adalah proses pembalikan arah arus pada kumparan jangkar pada saat segmen komutator pada kumparan terhubung melewati dibawah sikat

Prinsip kerja generator DC.png
Generator DC sederhana 

Pada gambar diatas merupakan Gambar generator DC sederhana / prinsip kerjanya  adalah sikat-sikat diletakkan sehingga menghubung singkat kumparan  jangkar ketika kumparan tidak memotong pada medan magnet. Pada saat itu tidak ada aliran arus  dan tidak ada bunga api pada sikat-sikat. Generator DC lebih banyak yang menggunakan  kumparan medan elektromagnet dibandingkan kumparan medan disebut arus penguat. 

Ada dua jenis generator DC menurut metode arus penguat :

1. Generator DC penguat sendiri terbagi menjadi  2  bagian prinsip kerjanya hampir sama hanya saja bedanya adalah dengan menambahkan tambahan kumparan berikut penjelasanya :

Generator penguat sendiri menggunakan sebagian arus yang dibangkitkan untuk memperkuat medan, generator yang diberi penguat sendiri dikelompokan menurut metode dimana kumparan medan dihungkan secara seri, pararel atau dihubungkan gabungan. 

a. Generator shunt

Pada generator shunt kumparan medan shunt dihubungkan secara pararel dengan jangkar

Diagram sekamatik generator shunt.png
Diagram skematik generator shunt

Pada kumpara medan shunt terdiri dari banyak lilitan kawat yang relatif kecil dan hanya menggunakan sebagian kecil dari arus yang dibangkitkan

b. Generator Kompon

Apa itu generator DC.png
Generator DC  Diagram Skematik Kompon

Pada generator Kompon hampir sama dengan generator shunt yang membedakan adalah generator ini mempunyai tambahan kumparan medan yang dihubungkan secara seri dengan jangkar, kumparan medan seri dipasang atau ditempatkan pada kutub yang sama dengan kumparan medan shunt, dibuat dengan sedikit dari kawat besar untuk mengalirkan arus jangkar, generator shunt diekembangkan untuk mencegah tegangan terminal generator dc dari penurunan dengan penambahan beban. Apabila generator bekerja dalam keadaan tanpa beban, arus pada kumparan seri adalah nol. (petruzella,1996)


2. Generator DC penguat terpisah

Prinsip kerja generator DC.png
Diagram Skematik Generator dengan Penguat Terpisah 

Pada gambar diatas adalah generator penguat terpisah merupakan generator DC yang mempunyai arus medan sendiri yang disuplai oleh sumber luar contohnya baterai, pada keluaran generator dapat diubah dengan pengaturan arus pada kumparan medan.


3. Penutup

Saya rasa cukup atas penjelasan apa itu generator DC, mohon maaf jika terdapat kesalah dalam penulisan, tuliskan saran dan pertanyaan dikolom komentar, terima kasih telah berkunjung.

Selamat malam
Salam hangat.

Saya akhiri

Wassalamualaikuk, wr, wb.

See u nex time.....












Related Posts