Rancang bangun generator fluks radial menggunakan magnet neodymium

Assallamualaikum, wr, wb.

1. Pendahuluan

Halo brother apa kabar, semoga dalam keadaan baik-baik saja, hari ini saya ingin berbagi pengalaman tentang merancang generator mini fluks radial, menggunakan magnet neodymium (magnet permanen) atau bagaiamana membuat generator menggunakan magnett permanen, sebenarnya ini cocok buat penelitian judul skripsi.

2. Dasar Teori

Pada dasarnya mungkin teman-teman sudah paham tentang prinsip kerja generator beserta kontruksinya. Kalau belum mungkin saya jelaskan sedikit yah. Kontruksi generator AC terdiri dari dua bagian utama yaitu :

A. Stator

Stator merupakan bagian yang diam yang mengeluarkan tegangan bolak-balik (berupa kumparan, gulungan kawat email)

B. Rotor

Bagian yang bergerak yang menghasilkan medan magnit yang menginduksikan ke stator. Tetapi saya disni menggunakan magnet permanen neodymium dibagian rotor berikut penampakan :

3. Bahan pembuatan generator fluks radial

Pembuatan generator radial menggunakan magnet neodymium.png
Magnet neodymim untuk pembuatan generator mini radial

Magnet permanen merupakan kompenen utama untuk menghasilkan medan magnet pada celah udara, medan magnet inilah yang kemudian diinduksi ke kumparan stator untuk menghasilkan tegangan listrik. Magnet neodymium daya tariknya sangat kuat, kalau sudah nempel berdua susah sekali untuk melepaskan kedua magnet dan hati-hati jika terjepit tangan, magnet peemanen tidak memiliki kumparan penguat dan tidak menghasilkan daya desipasi daya elektrik, ada 3 jenis pembagian magnet permanen yang biasa digunakan pada mesin elektrik :

1. Alnicos (Al, Ni, co, Fe)
2. Ceramics (ferrites), seprti barium farriete BaO x 6fe2O3 dan strontium ferrite NdefB.

Diatara macam-macam magnet yang paling kuat adalah magnet neodymium (Ne) dan juga dikenal dengan rare earth magnet, Woww. Kebayang ngk daya tariknya!?

4. Kawat email

Kawat email ini adalah jenis kawat yang paling sering digunakan dalam metode wire working, secara tekstur memiliki ketebalan setara dengan kawat aluminium UK 1mm, biasanya kawat email ini dijadikan untuk penggulungan dinamo, stator, dinamo, trafo kapasitas kecil dan sebagainya. Adapun tabel parameter kemampuan kawat email berikut dibawah penjelasaanya :

Rancang bangun generator fluks radial menggunakan magnet neodymium.webp
Rancang bangun generator fluks radial menggunakan magnet neodymium

Pada tabel diatas teman bisa melihat diameter kawat email bukan mail upin-ipin ya. Heheh maupun kuat arus untuk dijadikan kumparan pililahlah yang sesuai.

5. Motor mesin air / pompa air

Pada percobaan ini saya menggunakan mesin pompa air untuk mendapatkan putaran rotor pada magnet.


6. Langkah percobaan

Gambaran tentang rancang bangun generator fluks radial menggunakan magnet neodymium :

Rancang bangun generator fluks radial menggunakan magnet neodymium

Pada gambar diatas ilustrasi yang saya bikin, dengan penggunaan magnet neodymium 12 buah, harga dulu saya beli magnet neodymium sekitar 85000 itu dulu, kalau sakarang ngk tahu berapa harganya.

7. Tabel data pengujian

Adapun contoh tabel pengujian yang saya jadikan data untuk percobaan:

Cara membuat generator mini.jpeg
Cara membuat generator mini menggunakan magnet neodymium


Tabel diatas saya dapatkan masing-masing pengukuran tanpa beban dengan 1 kumparan / 12 magnet neodymium, disni saya jebol kantong, 1 ons saya beli kawat email sekitar Rp. 100000, setiap gulungan kumparan terdapat awal dan akhir untuk memulai penggulungan kawat email ini, sebaiknya siapkan isolasi dan ditulis pada isolsi  mana yang awal gulungan kawat dan mana yang ujung kawat akhir gulungan kumparan agar tidak salah dalam penyatuan kumparan.

Cara membuat generator fluks radial magnet permanen.jpg
Percobaan kumparan pada magnet

Pada gambar diatas adalah contoh percobaan gulungan/kumparan seperti yang saya jelaskan pada tabel pengujian data, tiap kawat mail eh masud saya kawat email, pergulungan didapat tegangan dc maupun ac  lihat tabel pengujian data. Ingat setiap generator menghasilkan arus bolak-balik, jadi konvernya saya pake dioda bridge, merubah ke DC searah, berikut percobaan 1 gulungan pada lampu senter .

Rancang bangun generator fluks radial magnet permanen (neodymium)
Rancang bangun generator radial magnet permanen

 Pada gambar diatas menggunakan lampu dengan tegangan 2,5 volt dengan rpm diatur tidak sampai seribu, dan pengaturan rpm menggunakan potensiometer pada sumber motor listrik untuk mengatur kecepatan motor, jika tidak diatur lampu senter ini putus. Berikut gambar jadi dari bentuk percobaan generator fluks radial magnet permanen (neodymium).

Cara membuat generator mini.png
Rancang bangun generator fluks magnet permanen

Pada gambar diatas merupakan jadinya generator mini made ini saya dan kawan-kawan seperjuangan terutma buat angkatan teknik elektro 2009 (universitas bangka belitung) terima kasih kawan, berkat ini ada beberapa pengalaman diambil meskipun judul ini bermasalah.heheheh

8. Penutup

Saya rasa cukup dan kurangnya mohon maaf tidak bisa menjelaskan secara detail, tetapi mungkin  tetapi mungkin dengan adanya artikel ini dapat memberikan pencerahan tentang judul diatas yaitu pembuatan generator mini menggunakan magnet neodymium.

Terima kasih

Salam hangat

Wassalamualaikum, wr, wb.

Bye-bye....








Related Posts