Mengenal nikola tesla Sebagai penemu listrik AC

Assallamualaikum, wr, wb

1. Pendahuluan

Apa yang ada dipikiran teman-teman tentang nikola tesla, sudah kenalkah taman-teman dengan nikola tesla Kalau belum silakan cari digoogle dengan ketika nama nikola tesla telusuri gambar maka akan ada banyak foto nikola tesla yang terlihat, nikola tesla, to be continue.......belom-belom the end kok (bahasa gaul), oke cek's it's out :

2. Tentang NIKOLA TESLA

Seperti namanya nikola tesla adalah penemu yang paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia, tanpa penemuan-penemuan dari nikola tesla mungkin kita tidak akan bisa menikmati teknologi yang secangih sekrang, ada banyak sekali.

Penemu-penemu yang paling berpengaruh seperti thomas alva edison penemu bola lampu dan listrik DC (direct current), albert einstein tentang alam semesta, tetapi yang menjadi dasar teknologi sekarang ini adalah penemuan dari nikola tesla seperti yang kita nikmati pada masa sekarang :

Mengenal nikola tesla.jpg
Mengenal nikola tesla

Nikola tesla sangat cerdas dia bisa mengingat hanya dengan sekali baca, nah lu?!! Berapa kali baca bosku.....? 2 kali, 3 kali!? Bukan hanya itu nikola tesla mampu memvisualkan dan membuat konsepnya menjadi kenyataan. 

Nikola tesla berasal dari desa kecil di austria atau kroasia sekarang, dia merupakan anak yang jenius pada masa SMA (sekolah menengah atas) dia mampu menyelesaikan soal kalkulus integral dikepalanya karna tidak seperti biasanya sampai-sampai gurunya berpikir tesla melakukan kecurangan, setelah tamat SMA tesla melanjutkan pendidikanya di grasaustria mengambil jurusan engineering, tesla mendapatkan nilai tertinggi sehingga dekan menyebutnya mahasiswa paling pintar diuniversitasnya, tesla menguasai 8 bahasa, tesla juga pekerja keras dia mengaku belajar dari jam 3 pagi sampai jam 11 malam setiap harinya, semua berubah. 

Nikola tesla kecanduan judi akibatnya dia kehilangan beasiswa, pada tahun 1778 tesla menghilang dari lingkungan dan keluarganya untuk menutupi fakta bahwa dia telah di drop out oleh pihak universitas.

 Pada tahun 1800 an nikola tesla pindaj ke budapest dan sempat bekerja pada perusahan telefon, tidak lama setelah itu dia memutuskan merantau keamerika untuk bekerja serabutan, setelah lelah bekerja serabutan tesla melamar pada perusahaan thomas alva edison dengan sarat dia akan diterima ketika selesai memperbaiki motor DC pada sebuah kapal, tesla pun berhasil dan diterima sebagai pekerja di perusahaan thomas alva edison.

Pada seiring waktu perusahaan thomas alva edison maju pesat dengan adanya permintan pemasangan instalasi listrik baru arus DC, tetapi listrik DC milik thomas alva edison mempunyai batasam yakni mampu menghantarkan istrik kurang dari 1 Km dari pembangkitnya dan hanya bisa menghidupkan bola lampu, sedangkan listrik AC milik nikola tesla  jauh lebih canggih mampu menjangkau ratusan kilometer dari pembangkitnya tidak hanya bola lampu,yang bisa dinyalakan. Peralatan listrik lainya juga bisa dinyalakan. Listrik AC yang dimiliki tesla memiliki  resiko yang sangat besar karna listrik AC di distribusikan dengan tegangan tinggi, nikola tesla menunjukan  penemuan besarnya pada thomas alva edison tetapi selalu di tolak dengan alasan menggangu citra prusahan arus DC milik thomas alva edison.

Thomas alva edisonpun berkata jika kamu ingin membuat diriku terkesan kamu harus membuat listrik DC punyaku bekerja dengan lebih maksimal atau lebih baik maka akan kuberikan kamu 50000 dolar, 50000 dolar waktu itu setara dengan 2 juta dolar sekarang. 

Nikola  tesla memanfatkanya dan mencari solusi apa yang diperintahkan dari edison degan kerja keras dari nikola tesla akhirnya dia mampu menyempurnakan apa yang telah diperintahkan edison, janji tinggal janji nikola tesla tidak mendapatkan apa yang dijanjikan edison, edison menganggap itu hanyalah lelucon. Nikola tesla tidak mengerti lelucon orang amerika sehingga nikola tesla memutuskan berhenti dari perusahaan edison, dan mencari pekerjaan baru sambil mencari informasi tentang donatur untuk listrik AC miliknya, lagi-lagi nikola tesla bekerja serabutan untuk memenuhi. 


Kebutuhan hidupnya dan bekerja mengali parit untuk kabel arus listrik milik edison, diapun bercerita kepada mandor ditempat dia bekerja bahwa dia mampu membuat arus listrik lebih baik dari thomas alva edison, seorang mandorpun memberikan saran kepadanya agar agar menyerahkan konsep arus listrik AC miliknya kepada pemilik modal di wolfstring, bagi tesla ini adalah peluang emas untuk mewujudkan mimpinya menciptakan arus listrik AC (alternating current), lalu tesla membuat konsep dan prosposal listrik AC miliknya, tesla berfikir bahwa tidaklah cukup menjelaskan tentang konsep dasar arus listrik AC miliknya, sehingga tesla memberikan gambaran berupa alat yang dapat memutar telur dengan diberikan arus listrik AC, selang 4 tahun tesla mendirikan laboratorium riset yang tidak jauh dari  laboratorium edison, lalu tesla memulai dengan langkah besar yaitu mebuat dinamo yang nantinya akan dipersentasikan kepada pemilik modal 

Percobaan nikola tesla.webp
Percobaan nikola tesla

Untuk kedua kalinya tesla menunjukan kampuan jeniusnya dia mampu membuat para insvestor terpukau dengan menciptakan motor listrik, karna arus listrik pada waktu itu milik alva edison hanya bisa menyalakan lampu, dan nikola tesla membuktikan bawah arus listilrik miliknya  tidak hanya untuk menyalakan bola lampu tapi juga mampu menjalakan motor motor listrik yang dibuat tesla sendiri tanpa getaran dan tidak berisik sehingga mampu menarik perhatiaan insvestor yaitu orang terkaya yang ada di amerika serikat (josh westinghouse) kosep tesla pun di terima, dengan menjual hak patten kepada investor seharga 2 dolar / HP, tetapi  listrik alternating current milik tesla belum bisa digunakan sepenuhnya karna ratusan ribu volt sangatlah berbahaya akhirya tesla membuat converter untuk menurunkan tegangan yaitu trafo :

Nikola tesla penemu trafo.jpg
Penemu trafo nikola tesla 


Dengan adanya trafo distribusi ini mampu menurunkan tegangan tinggi ke  tingkat aman untuk digunakan industri maupun rumah-rumah setelah penerapan listrik AC milik tesla berhasil dipasarkan edisonpun membuat kampanye hitam menandakan perang terhadap nikola tesla dengan anggapan bawah listrik AC milik tesla sangat berbahaya digunakan dengan membuat iklan gajah distrum dengan tegangan tinggi listrik AC milik tesla dengan menggundang wartawan untuk menyebarkan iklan penenujukan arus listrik yang sangat berbahaya, edison menunjukan iklan pada bioskop-bioskop diamerika dengan hewan

Iklan edison untuk kampanye hitam listrik arus AC.webp
Gajah disengat arus listrik tegangan tinggi (nikola tesla vs thomas alva edison)


 yaitu gajah yang disetrum menggunakan listrik AC milik tesla tidak hanya itu edison membuat listrik arus ac untuk hukuman mati pada kriminal-kriminal, tetapi tesla meyakinkan masyarakat bahwa listrik AC miliknya tidaklah berbahaya dengan memegang bola lampu ditangan tesla menyalakan bola lampu dengan memanfaatkan tesla coil, terlihat jelas bawah tesla baik-baik saja tanpa memar maupun luka.


Penemu arus listrik AC (alternating current).jpg
Mengenal nikola tesla (ilustrasi gambar)


Dan pada akhirnya listrik arus AC menjadi pilihan utama untuk masyarakat pada waktu itu atau pun pada saat ini, dan listrik DC milik edison mulai ditinggalkan.

Listrik AC semakin berjaya,tetapi pada saat itu pihak insvestor menghianati tesla hak paten dengan 2 dolar / HP (horses power) tidak lagi diterimanya dengan alasan terlalu besar dan akan membuat bangkrut perusahaan. Tidak hanya listrik AC yang diciptakan tesla  mesin turbin dan trafo adalah temuanya, walaupun tesla tidak mendapatkan kredit dari temuanya.

lListrik AC menjadi pondasi saat ini, peralatan listrik seperti tv, kipas dan lain-lain tanpa temuan tesla ini peralatan listrik sekarang  tidak akan hidup dan berjalan seperti yang kita gunakan sekrang, dan inilah kata-kata  terkhir dari sorang jenius nikola tesla ( masa sekarang adalah milik merka. Masa depan dimana aku telah benar bekerja untuknya adalah miliku).

Dari artikel diatas kita dapat mengambil baiknya dari setiap pristiwa tentunya tidak ada yang sia-sia ketika kita bekerja keras dengan sungguh-sunguh.

3. Penutup artikel

Oke gaes terima kasih telah berkunjung di artikel saya yang sangat sederhana dan orak-orakan, heheh....

Salam hangat dari saya, salam berteman.

Jangan lupa like or subscribe atau koment di bawah jika terdapat pertanyan maupun saran yang membangun.

Maaf kalau ada tulisan maupun kata-kata yang salah di artikel ini.

Bye - bye

Wassallamualikum, wr, wb.

Baca juga link dibawah ini :


  1. Cara menyambung kabel serabut dengan kuat
  2. Pengertian arus listrik AC dan DC
  3. Mekanisme kontaktor magnetik




Related Posts