Cara menggunakan tang ampere (clamp meter)

Assalamulaikum.wr.wb.

1. Pendahuluan

Selamat pagi apa kabar, semoga dalam keadaan baik baik saja, semoga kita selalu terwujud segala keinginan. Pagi ini saya akan menjeleskan artikel tentang cara menggunakan tang ampere (clamp meter) dan apa itu tang amper,  Bagaimana cara menggunakan tang amper (clamp meter) ?! Sudah pahamkah? Cara pakai tang ampere? Berikut cara menggunakan tang ampere atau clamp meter.

2. Dasar teori

Tang ampere digital adalah suatu alat yang digunakan untuk menggukur besaran arus listrik dari suatu kabel konduktor, menggunakan dua rahang atau penjepit dari tang amper (tanpa perlu kontak langsung untuk mengukur arus listrik), tang amper atau bahasa inggrisnya clamp meter. fungsi tang ampere (clamp meter) sebagai alat Mengukur besara OHM, arus ac / dc dan tegangan ac / dc dengan skala selektor pengaturan yang akan kita ukur, tang amper atau clamp meter mempunyai skala yang besar untuk mengukur besaran suatu aliran  arus listrik (arus), 1000 A adalah besaran batasan maksimal dengan pengukuran tingkat akurasi yang baik ini sepengetahuan saya, berikut penjelasannya :


Cara-menggunakan-tang-ampere-clamp-meter.Png
Tang ampere digital 


Pada gambar diatas adalah tang ampere digital atau clamp meter digital yang biasannya saya gunakan, tang ampere hampir sama dengan multitester digital, cuma perbedanya pada skala pengaturan  pada nilai hambatan atau continuity yang lebih besar.

3. Langkah pengukuran menggunakan tang ampere (clamp meter) atau cara menggunakan tang amper digital yang benar sebagai berikut :

Saya coba jabarkan...

1. Fungsi Tombol hold pada tang ampere (untuk mengunci angka pada suatu pengukuran) baik itu volt, tahanan maupun besaran nilai arus.

Jika temen-temen melakukan  pengukuran besaran arus atau amper menggunakan tang ampere (clamp meter) pada kabel 3 phase atau 1 phase setelah dikalungkan  rahang penjepit  pada tang amper (clamp meter) di luar isolasi kabel maka akan muncul angka besaran amper pada display digital,  jika terdapat nilai pada display indikator tang amper yang berubah-ubah nah disinilah fungsi tombol hold pada tang amper digunakan.

Pada tang ampere (clamp meter) memiliki Kabel probe, apa itu kabel probe pada tang amper (clamp meter)  adalah kabel alat ukur  bantu, Umunya pada alat ukur kelistrikan terdapat kabel bantu untuk melihat hasil suatu pengukuran misalnya temen-temen hendak mengukur besaran suatu tegangan arus listrik ac dirumah temen-temen sendiri, kabel ini adalah yang akan kita gunakan, dengan menggunakan kabel merah dan hitam, tinggal colok pada stop kontak dirumah temen-temen maka akan mucul besaran nilai suatu pengukuran tegangan dari tang amper digital ini.

Cara menggunakan clamp meter.Png
Cara menggunakan clamp meter


Pada gambar diatas adalah contoh pengukuran tegangan atau cara mengukur voltase listrik menggunakan tang amper dengan pengaturan skala Volt AC atau simbol lambang AC (arus AC) Atur , selektor pada arus ac dengan skala angka 750 AC VOLT, lihat pada gambar diatas.

Catatan :

Gambar diatas difungsikan untuk mengukur besaran voltase listrik AC menggunakan tang amper,  misalnya jika kita mengukur tegangan 380VAC maka kita gunakan kabel probe merah dan hitam pada tang amper dan mengatur skala seperti gambar diatas, kemudian meletakan kabel probe merah ke R,  dan kabel hitam ke T maka nilai akan terbaca hampir sama pada tegangan 380V karna 3 phase R,S,T = phase dan N  = netral.

3. Selektor tang amper.

Cara menggunakan tang amper / clamp meter.jpg
Cara menggunakan tang amper

Pada gambar diatas adalah arah main suatu selektor tang amper (clamp meter), selektor tang amper inilah yang diputar jika temen-temen ingin mengukur dengan menggunakan kabel probe maupun penjepit tang amper, dengan catatan temen-temen sudah paham  arus ac / dc (lambang arus ac dan dc), ohm maupun tegangan pada suatu pengukuran.

4. Cara Mengukur arus litrik menggunakan penjepit tang ampere (clamp meter)

Cara menggunakan tang ampere.jpg
Cara menggunakan tang ampere / clamp meter

Pada gambar diatas adalah suatu pengukuran menggunakan penjepit tang ampere (clamp meter), dengan pengaturan selektor main pada skala 200 A dengan hasil pengukuran 118,5 A, umumnya suatu kabel arus listrik mempunyai jumlah kabel untuk 380 VAC terdapat 4 (R,S,T-N) kabel tinggal ukur 3 phasanya saja 1 kabel per pengukuran dan 1 phasa 2 (P-N) kabel, bisakah kita mengukur 1 phasa mengunakan tang amper?! Jawabanya bisa.

Catatan :

Hold adalah untuk memastikan data pengukuran  yang tetap (konstan).

5. Indikator digital

Saya rasa temen-temen sudah tahu dengan indikator digital (display  Tang amper - clamp meter digital .

6. Skala tang amper (clamp meter) (angka, Arus AC dan DC)

Pada pembahasan no 6 ini adalah skala main pada selektor dengan kata kunci angka pada tang amper yang akan mengatur kita pada pengukuran yang akan kita ukur. Misalanya temen- temen handak mengukur tegangan untuk arus DC  menggunakan tang amper putar selektor pada arus dc, arus DC biasanya terdapat pada peralatan listrik seperti aki, adaptor laptop dan lain sebagainya untuk itu putarlah selektor pada tang amper dengan lambang arus DC dibawah ini

Cara-menggunakan-tang-amper.jpg
Arus DC pada tang ampere



7. Pengukuran menggunakan suara pada tang ampere (clamp meter)

Nah disni temen-temen bisa menggukur mengunakan suara Atau buzzer pada tang ampere atau bel, dengan selektor diarahkan pada gambar dibawah ini :

Cara-Pakai-tang-amper-(clamp meter).png
Calmp meter


Pada gambar diatas adalah contoh penggukuran untuk mengetahui baik buruk suatu peralatan dengan menggunakan tang ampere (clamp meter) ataupun kabel listrik. Misalnya : contohnya jika temen-temen hendak mengukur kabel dengan kondisi buruk atau putus bisa mengatur selektor pada skala gambar diatas jika kabel bagus akan ada suara bel atau alaram yang terdengar menunjukan kabel tersebut bagus dan sebaliknya jika kabel putus atau rusak tidak akan terdengar suara bel atau alaram pada tang amper.

8. Fungsi EXT pada tang amper

Saya tambahkan sedikit mengenai EXT, pada tang ampere atau fungsi EXT pada Tang ampere. Untuk penjelasan EXT tang amper dan pengertian EXT pada tang amper saya belom berani klaim tapi menurut pandagan saya penjelasan pada EXT (external unit) adalah pengukuran tahanan yang cukup besar bersekala Mega OHM. Karna nilai tahanan yang besar kita bisa gunakan kabel probe pada tang amper dilobang EXT jika melakukan pengukuran tahanan bersekala mega OHM. Kalau teman-teman punya pendapat lain silkan berkomentar dibawah.

Teori sudah saya jelaskan dan sekarang akan lebih mantap dan paham dalam mengenal tang ampere / clamp meter pada video Youtube dibawah ini silakan ditonton :





Bagaimana apakah temen-temen paham?!

Semoga paham

Saya rasa cukup untuk penjelasan diatas cara pakai tang ampere dan cara pakai (menggunakan) clamp meter untuk pemula, silakan komentar jika ada pertanyan dan saran. Mohon komentar dengan bijaksana.

Tolong yah share artikel ini untuk teman-teman semua yang belum paham tentang bagaimana memakai tang amper untuk pemula.

Terima kasih...
Wassalam...

Sampai jumpa.

Related Posts