Mengenal Isi dari tiap-tiap elemen didalam mcb

Assallammulaikum,wr,wb.

1. Pendahuluan

Halo apa kabar gaes, semoga kalian baik-baik saja, berhubung masih dalam suasana hari raya saya sekeluarga, meminta maaf yang sebesar-besarnya. Dalam menyampaikan permintaan maaf yang tulus melalui artikel ini, apabila terdapat kesalahan yang diperbuat sengaja maupun yang tidak sengaja...mohon maaf gaes, Untuk artikel kali ini saya ingin menyampaikan  tentang isi didalam mcb apa saja dan bagaimana wujudnya simak dan baca agar lengket dikepala. Wow lengket...hehehe, langsung saja yuk...digass poll.

2. Dasar Teori

Mcb secara garis besar adalah suatu alat  perangkat listrik yang diggunakan dalam memutus maupun menghubung aliran arus listrik dan memutus listrik secara otomatis jika terjadi arus pendek antara minus (-) dan positif (+) terhadap rangakaian alat listrik dalam menjaga perangkat ketika terjadi beban lebih dan hubung singkat. Dalam penggunaan mcb mempunyai wujud yang berbeda atau jenisnya..yaitu 1 pole, 2 pole, 3 pole umunya untuk istalasi yang mempunyai grub berbeda kebanyakan menggunakan 3 pole contohnya pada penerapan instalasi antara ruang tamu, kamar dan dapur dibuat secara sumber phasa yang berbeda-beda.

2.1 Prinsip Kerja MCB

Prinsip kerja MCB menggunakan bimetal yaitu logam yang sensitif terhadap panas yang telah disesuikan berdasarkan kode pembacaan amper baca arti kode mcb disni, nah ketika panas atau beban lebih, atau arus pendek terjadi, bimetal langsung trip (melengkung) inilah biasanya yang diketahui mcb jatuh (drop) dan ada juga yang bilang tegangan jatuh. Ini dia isi elemen dialam mcb yuk kita cari tau, berikut ulasanya :


Mengenal-isi-dari-tiap-tiap-elemen-mcb-miniature-circuit-breaker.jpg
Gambar 2.1 isi elemen  yang ada didalam MCB

Pada gambar 2.1 adalah gambar penunjukan elemen berdasarkan NO angka yang telah dibuat berikut ulasanya dimulai dari angka 1 sampai 8:
1. Saklar main ON dan OFF (knop)
2.  Tuas element penghubung mekanisme operasi
3.  Operasi mekanisme (ketika knop ON element antara no 2 tuas penghubung langsung terhubung ke 3 yang langsung memberi power atau  api, phasa)

4. Bisa jadi input Pahasa bisa jadi output phasa pokonya boleh semua  (terminal input atau output)
5. Bimetal trip 
6. Per main trip
7. Element magnetic
8. Arch chute chumber

Bagaimana penjelasan saya pada tiap element isi didalam mcb?! Saya rasa cukup jelas gaes penjelasan diatas jika teman-teman memiliki pertanyaan tentang judul diatas silakan koment di bawah kolom komentar, oke gaes sekian dulu salam hangat dan sampai jumpa .

bye -bye.

Related Posts