Cara setting fan kompresor RCB 30 A / pengisian angin pada kompresor RCB 30 A

Asalamulaikum wr.wb.

1.pendahuluan

Pada kesempatan ini saya ini berbagi pengalaman tentang setting fan digital kompresor RCB 30 A dan loading pengisian angin ke tabung serta unloading (off compresor). Kita tau bahwa untuk mensetting kompresor RCB 30 A tidaklah mudah butuh pemikiran yang matang  agar settingan yang baik untuk kelangsungan alat tersebut. Setting fan dan setting waktu hidup karna pada dasarnya kompresor jika digunakan dalam keadaan 24 jam kompresor akan panas dan setting yang baik pada penerapaa waktu running diusahakan proses jalannya harus ada waktu jeda untuk istirahat, agar tidak terjadi kondisi thermal pada kompresor, apakah kompresor temen-temen seperti ini pada gambar dibawah :


Gambar 1.1 Kompresor RCB 30 A

Pada gambar 1.1 diatas inilah kompresor yang diggunakan dalam mencukupi kebutuhan angin untuk perusahaan, permintan suplai angin ke operasional 0,5 mpa sedangkan kapasitas dari kompresor ini adalah 0,8 belom pemakaian yang lainya, nah dengan setinggan yang kurang pas akan menyebabkan cepat rusaknya peralatan kompresor gaes. 

2. Dasar Teori

Prinsip kerja kompresor sederhananya adalah memanpatkan (menekan) udara atau gas. kompresor banyak macam gaes jenisnya, perlu diketahui kompresor RCB 30 A bekerja pada setting waktu yang ditentukan dari pengisian angin ke tabung dan maupun saat tabung sudah terisi angin, pada kompresor RCB 30 A terdapat indikator untuk settinganya pada gambar 1.1 tombol Down, Up, Right, Reset dan Set. (tombol ini adalah pengatur settingan maintenance, waktu running, servis, fan kompresor, suhu tempratur maupun settingan jam servis, kompresor RCB ini sangat mantap jiwa gan dilengkapi otak sperti layaknya komputer. Adapun terdapat tombol start (biru), Stop (Merah), emergency (merah) dan amper pressure angin, namanya juga top brand yak.....pastilah good game. oke kita masuk pada tema judul diatas ya gaes nya.

3. Langkah proses setingan Fan kompresor dan ON/OFF kompresor

1. pertama sebelum setting fan kompresor dan on/off kompresor ada baiknya kompresor distop dilarang mensetting pada saat waktu kompresor Running, berikut gambar awal setting :


Gambar 3.1 Tampilan ke 1 setting fan kompresor dan ON/OFF Kompresor

Pada Gambar 3.1 adalah kondisi dimana kompresor normal stop ketika kita mematikan kompresor secara manual dengan cara menekan tombol stop (merah), dibawah indikator terdapat tombol S, scroll down, scroll up to Right dan reset. lanjut ke proses 2.

2. tekan tombol Down untuk masuk ke menu settingaan fan dan ON/OFF dan waktu running compresor, maka akan ada pilihan seperti pada gambar dibawah :

                       Gambar 3.2 Tampilan ke 2 setting fan kompresor dan ON/OFF Kompresor


3. Pilih costomer parameter dengan menekan tombol scroll down berikut contoh gambar dibawah ini :

                         Gambar 3.3 Tampilan ke 3 setting fan kompresor dan ON/OFF Kompresor

4.  Pilih costumer parameter untuk masuk ke mode settingan fan compresor dan ON / OFF compresor, tekan To right untuk ke menu selanjutnya maka akan ada tampilan SET P.T seperti gambar dibawah in :


                     Gambar 3.4 Tampilan ke 4 setting fan kompresor dan ON/OFF Kompresor


5. Setelah tampilan SET.PT pilih to right maka akan tampil gambar dibawah ini :


                      Gambar 3.5 Tampilan ke 5 setting fan Kompresor dan ON/OFF Kompresor

PENJELASAN INDIKATOR LOADING DAN UNLOADING  : sekarang temen-temen sudah masuk pada mode settingan fan kompresor  dan waktu ON/OFF kompresor, pada indikator loading P : 00,40 adalah untuk pengisian angin ke tabung (ketika angin sudah dibatas 00,40 MPa maka kompresor akan ON otomatis), unloading P: 00,70 Mpa  adalah waktu OFF ( ketika angin sudah dibatas 00,70 MPa terisi pada amper bar maka mesin otomatis OFF).


CARA SETTING LOADING DAN UNLOADING : Untuk mensetting waktu ON dan OFF kompresor temen-temen bisa pilih satu-satu loading dulu atau onloading dulu, jika temen pilih loading dulu berikut cara rubah angka sesuai keinginan, pada gambar diatas loading adalah angka 00,40 misalkan temen mau rubah ke angka 00,10 MPa berikut caranya, pada gambar 3.5 diatas loading yang ditandai hitam adalah yang dipilih untuk setting tekan to right, masukan pasword yang diminta yaitu 1922, kemudian rubahlah angka dengan tekan TORIGHT sampai pada angka 4 pada loading, kemudian tekan SCROLL DOWN untuk merubah angka 4 menjadi 2 setelah berubah menjadi angka 00,20 MPa tekan tombol SET, maka mesin kompresor akan ON pada level angin 00,20 MPa. bagaimana bisa ? insha alloh bisa yak...setingan unloading sama dengan cara settingan loading cuma perbedan dari loading dan unloading adalah angka unloading haruslah lebih besar dari angka loading, karna unloading adalah kapasitas batas pengisian ya ngk mungkin lah... ya lebih kecil karna unloading adalah batas pengisian angin ke tabung.


PENJELASAN FAN STAR DAN FAN STOP : Pada gambar 3.5 diatas fan start dan fan stop adalah untuk waktu OFF/ON Kipas Pendingin Kompresor agar kompresor terjaga pada suhu normal , cara setinganya adalah sama sperti halnya loading dan unloading tekan SCROLL DOWN sampai pada pilihan garis hitam pada FAN START yang mislakan temen-temen ingin setting FAN START terlebih dahulu, tekan to right,masukan pasword 1922, makan temen-temen, bisa reset angka sesuai keinginan pada FAN START begitu juga cara merubah angka FAN STOP sama sperti FAN STAR  yang membedakan adalah angka FAN START dan FAN STOP. FAN START haruslah lebih besar angka mainya sedangkan untuk FAN STOP lebih kecil karna angka FAN STOP adalah waktu berhentinya FAN ketika Kompresor Sudah batas Suhu Normal. oh iya jangan lupa tekan SET ketika setelan angka yang diinginkan telah diubah.....

catatan : 

1. Matikan terlebih dahulu dengan tekan tombol emergency ketika ingin melakukan pengujian running.kompresor.
2. sebelom runing kompresor cek terlebih dahulu angka yang sudah dirubah apakah sudah sesuai keinginan
3. safty first dont forget....
4. doa 


bagaimana temen-teman sudah paham oh iya saya punya link untuk pembelian spare part alat-alat kompresor segala macam tipe atau ingin pemasangan baru 1 set kompresor harga bersahabat dan seperti, filter original, fan belt original, semuanya original ada semualah pokoknya bisa kontak saya di email atau inbox Fb saya Doni saisan ok terima kasih, salam hangat dari saya wasallam.

terima kasih sudah berkunjung........






Related Posts