Cara membuat casan hp dari adaptor cctv / kabel casan USB

Asallamulaikum.wr.wb

1. Pendahuluan

Selamat pagi para pengais rejeki yang berkah, oke gaes hari ini saya selaku penulis ingin membagikan pengalaman tentang cara mebuat casan handpone dari adaptor yang tak terpakai atau jika dirumah kalian gaes mempunyai adaptor yang tak terpakai sesuai teganggan atau voltase yang dizinkan sama dengan casan bawaan dari hape itu sendiri temen-temen boleh gunakan untuk mengecas handpone, oke kita lagsung saja gaes.

2. Dasar teori

Umunya pada casan bawan hape andorid mempunyai tegangan 5 V untuk itu tegangannya tidak boleh lebih dari 5 V,  kenapa karna jika lebih dari 5 V takutnya handpone bakalan meledus alias meledak, nah gaes hati-hati, contoh tegangan dan amper yang dianjurkan pada adaptor yang ingin temen-temen buat untuk pengecas handpone android adalah seperti gambar dibawah ini :

Cara-membuat-casan-hp-dari-adaptor cctv.jpg
Membuat casan hp dari adaptor cctv

Gambar 2.1 adaptor cctv

Pada gambar diatas saya membuat casan handpone (hp)  dari adptor cctv, dengan penggunaan spesifikasi yang dianjurkan  atau output keluaran dari adaptor ini adalah 5 V DC dengan arus 2 A, nah gaes ingat yah tegangan DC (output) untuk lebih jelas liat pada gambar diatas gaes...degan input 100- 240 V AC oke kita lagsung saja gaes cara penyambungan kabel, adaptor ke kabel usb.

3. Langkah kerja 

1. Siapkan peralatan

2. Siapkan kabel data atau kabel casan android yang kamu ingin sambung ke adaptor.
3. Persiapkan adaptor sesuai sepesifikasi gambar 2.1 diatas gaes

Karna adaptor yang saya gunakan pada umunya mempunyai 2 kabel gaes  hitam dan putih, bagaimana kalau punya saya merah dan hitam gan?! No problem...yang peting temen-temen tidak salah dalam pemasangan antara + ( positif ) dan - (negatif)  jika salah pasang kabel positif dan negatifnya akan menyebabkan batrai handpone tidak mengisi. Temen-temen bisa melihat contoh  pemasangan kabel adaptor ke usb dibawah ini :

Cara-Menyambung-kabel-data-usb-dan-kabel-adaptor-cctv.jpg
Cara membuat casan hp dari adaptor cctv

 Gambar 3.1 penyambungan kabel adaptor dan kabel USB.

Pada gambar 3.1 diatas adalah petunjuk contoh penyambungan gaes, nah terdapat warna kabel usb dengan warna putih, hijau, merah dan hitam gaes, kabel adaptor terdapat cuma 2 warna kabel yaitu hitam dan putih. Umumnya kabel positif dari kabel data USB merah dan negatif hitam.
Untuk cara mengetahui kabel positif dan negatif pada usb teman-teman bisa uji dengan sentuh beberapa detik dari kabel adaptor dan kabel usb, biasanya kabel usb warna merah adalah positif dan hitam adalah kabel usb negatif. 
Tingal temen temen liat contoh gambar diatas untuk cara penyambungan, silakan dicoba. Semoga temen-temen bisa menerapkanya.

Catatan :

1. Sebelum penyambungan pada kabel usb dan adaptor secara langsung ada baiknya temen-temen uji sambungan  secara tidak langsung dengan cara setuh dan lepas dalam hitungan detik.
2. Jika terdapat indikator batrai casan kedap-kedip antara mengisi dan tidak mengisi, artinya kabel yang teman-teman sambung antara adaptor dan kabel usb kurak pelintir atau kurang kuat. 
3. Cek kondisi adaptor yang temen-temen inginkan untuk membuat sebagai pengecas (ukur mengunakan tester).

4. Positif dan negatif kabel usb

Untuk positif dan negatif pada kabel usb biasanya merah adalah positif dan hitam adalah negatif. 

Saya rasa cukup penjelasan saya diatas
Tonton juga video lengkap untuk membuat casan hp dari adaptor serta penyambungan kabel usb, jangan lupa subscribe dan share yaks untuk suport channel mamang agar selalu memberikan konten-konten tentang kelistrikan :



 semoga berhasil dan terima kasih banyak telah mampir gaes...

Wasallamualaikum.wr.wb
Bye-bye......

Related Posts