Tips dan Trick Memperbaiki Olympia Burner LT 61 W


Bismillah....

Selamat pagi, salam semangat pejuang pencari rupiah, oke genk saya selaku penulis ingin membagi beberpa tips dan trick untuk memaksimalkan kinerja olympia burner LT 61 W. Nah geng sebelom memulai sebaiknya doa agar bisa paham.

1. Teori penunjang

Burner adalah suatu alat  yang digunakan untuk mencairkan  bahan tambang seperti timah, pada umunya burner bisa anda jumpai pada peralatan smlter.


Gambar 1 : Olympia Burner LT 61 W

Pada gambar 1 adalah bentuk burner LT 61 W, gambar diatas burner yang sudah kita cat menggunakan cat hitam dan untuk cat aslinya berearna merah. Prinsip kerja burner memanfaatkan bahan bakar seperti solar yang dipompa dan digerak menggunakan motor listrik untuk menyemprotkan solar berupa embun. Sehingga menimbulkan api, dari mana dia menimbulkan api?! Ada lagi geng diujung nozel terpadat stick igniter trafo yang dapat memicu api. Jika kita memakai 2 nozel degan jumlah nozel 14 burner ini memakan 5 liter Solar 7 menit geng, bayangin aja tu 1 jam nya 340 Litter.


2. Spesifikasi Burner LT 61 W

Spesifikasi pada burner LT 61 W bisa agan liat pada gambar dibawah ini :

Https://teknikmaintenance09.blogspot.com

       Gambar 2 : Box panel Burner

Gambar 2 menunjukan tegangan yang digunkan 380 Volt AC, dengan motor listtik 0,75 kw 3 phasa bayangin aja seberpa kuat ni burner.

3. Komponen Burner LT 61 W

Burner mempunyai Komponen peting agar dapat dapat bekerja maksimal berikut kompenen peting :

1. Selenoid valve
2. Trafo igniter 
3. pompa oil
4. Rubber kopling
5. Wayer angin
6. Amper Presure oil
7. Box panel

Beberpaa point diatas adalah yang sangat peting untuk peralatan burner kalau rusak, mesti beli order alat  dan perbaikan, Baca juga tips perbaikan burner . 

4. Tips point utama memaksimalkan burner.

Berdasarkan pengalaman burner LT 61 W sangat susah sekali untuk main setting udara dan pengaturan main valve oil, karna mekanismenya sering berubah-ubah apalagi burner olympia bekerja diruangan panas nya kebangetan, apa hubungnya sama ruangan?! Rugan panas ini menyebabkan hubung pendek yang sering terjadi pada settingan oli otomatnya geng, bahaya bisa-bisa terbakar kalau otomatnya ngk respon, saran saya agan lepasin aja otomatis oil valve pada burner seperti pada gambar dibawah yang sudah saya lepas :

Kondisi gambar yang otomatis valve nya sudah saya lepas geng, karna itu tadi agenk harus melapaskan otomatis valve biar pengapianya tidak berubah-ubah. Tinggal kita mainkan setingan agin dan bahan bakar geng dengan acuan burner tetap aman ada baiknya  menggunakan nozel yang sama yaitu 6+6.

5. Penghematan biaya 

Pembahasan ini menyangkut pengehematan biaya untuk perusahaaan, ketika pencopotan oil main valve geng dampaknya bagus untuk keuangan pt geng yaitu  sebagai berikut :

1. Tidak perlu memakai sensor burner lagi
2. Tidak perlu memakai terminal box berwarna kuning yang terdapat pada box panel burner, nah box terminal ini harganya kisaran 2 ,5 juta geng kurang lebih.
3. Tidak perlu lagi memakai main seting oil valve lagi.
4. Buner ini juga punya pengapian otomatis kan, untuk penghematan agenk bisa copot  transformator burner, dan menyalakan burner menggunakan motede manual alias main sulut, lumayan tu penghematan dan harga trafo juga kisaran 3 atau 4  Juta untuk trafo LT 61 W ini. Cukup mahal kan. Lumayan penghrmatan.
5. Emmm apa ya..?! Kayanya sudah habis tipsnya saya rasa cukup geng dan terima kasih bnyak.

Semoga bermanfaat
Salam hangat
God blees you
Jagan lupa follow, comment, share




Related Posts