Tips dan trick cara pengisian aki baru 24 volt

Assalamuallaikum.

1. Teori penunjang

Pada kesempatan kali ini saya ingin menulis artikel tentang tips dan trick cara pengisian aki baru, untuk pemula yang sangat sering bikin ngenyut dikepala di telinga di mata di perut dan lain sebagainya...wkwk (canda om) artikel ini bertujuan untuk memberikan penecerahan untuk teman-teman khusunya pemula yang belum paham cara mengisi air aki atau cara pengisian air aki yang lagi bingung gimna proses dan langakah awal yang harus dilakukan.

Apa sih aki..?? Bukan akik-akik ya..hehe, aki atau batrai adalah suatu alat yang menghasilkan energi listrik DC  atau arus searah yang berisi larutan asam  elektroda Pb (anode) dan PbO2  (katode) dengan H2SO4 (elektrolit) untuk menghasilkan listrik tersebut atau energi kimia. Nah geng sudah paham belom apa itu aki?! Kalau sudah nyok...kita enggkol.....

 Aki atau batrai umumnya terdapat pada motor dan mobil. Sebagai alat kelistrikan yang mempermudah para pengedara bermotor dan mobil, kok gitu sih?! Iyalah genk kan untuk starting awal untuk lampu dan lain sebagainya. Aki terdapat 2 jenis geng aki kering dan aki basah, ane lupa geng aki mempunyai tegangan 12 Volt DC ad juga genk 24 Volt dengan syarat 2 buah aki harus dijumper  menggunakan kabel tembaga atau kuningan, Setelah agenk-agenk baca dikit teori eneh, insha alloh paham dan kita engkol ke tips dan trick pengisian aki baru, cek it out :

2. Persiapan dan peralatan untuk mengisi air aki baru

Sebelom agenk memulai ada baiknya persiapan segala sesuatu untuk memulai pengisian air aki

1. Siapkan aki
2. Air aki warna merah atau air zuur B.D 1260
3. Siapkan carger aki

Ketika agenk sudah selesai mempersiapkannya kita masuk ke proses cara mengisi air aki.

3. Langkah Proses 

Cara-pengisian-air-aki.jpeg
Air aki basah


Cara mengisi air aki basah.jpg
Cara mengisi air aki basah


Pada gambar diatas agenk-agenk bisa liat pengunaan air aki warna merah atau zuur, untuk pengisian air aki awal, setelah siap ikuti langkah dalam dibawah ini cara mengisi air aki.

Tips
1. Buka tutup aki satu- persatu 
2. Isi yang ada dikepala dahulu yaitu + dan -.
3.tutup kembali aki  yang telah terisi air zuur tersebut dan lanjutkan sampe 6 lobang.
Catatan 
Aki yang saya gunakan adalah aki N 120 aki juga bnyak tipe ad yang 70, 90, 100.

4. Siapkan kabel jumper seperti gambar dibawah ini :

Cara mengisi air aki baru.jpg
Cara mengisi air aki baru

Catatan : gambar diatas adalah untuk penggunaan 24 volt 2 buah aki kabel yang digunakan serabut dan skun kabel atau sepatu kabel (SC50-10), pasang skun disetiap ujung kabel jumper batrai

5. Pemasagan kabel untuk 2 buah aki diplus dan minus  ingat satu saja jagan keempat-empat kepala aki.

Catatan : aki mempunyai 2 kepala + dan - untuk 1 aki kalau 2 berarti 4 +,-,+,- = 2 buah kutub postif dan 2 buah kutub negatif.

6. Setelah semua proses selesai agan bisa mengecas aki tersebut selama 30 - 50 menit seperti pada gambar dibawah ini :

Cara mengisi air accu basah.webp
Tips mengisi air aki


Tips dan catatan : agenk- agenk mengunakan pengecasan yang mana terserah yang peting jangan lupa setingan pada pengecasaan di 24 V jika 2 buah aki dan 12 volt untuk satu aki, setlah selasai seting agenk bisa memasang kabel pengecas aki tersebut pada kutub postif warna merah dan negatif warna hitam jangan sampe terbalik. kemudian dalam proses pengisian aki agenk wajib mengendorkan semua tutup yang terdapat pada aki tersebut hingga kendor terasa cukup dan pas.

paham..saya rasa cukup jelas pejelasan tips mengisi air aki atau cara mengisi air aki baru. semoga bisa bermanfaat untuk agenk semua, terima kasih, salam hangat...
Apabila ad yang ingin bertanya silakan bertanya dikolom komentar or email skian dulu.

Jangan lupa untuk berbagi.

Wassalam.











Related Posts