Tips dan trick perbaikan lampu Sorot (DRIVER LED) / lampu led

Asallamualaikum wr.wb

 Pada kesempatan ini saya akan membahas perbaikan lampu led, mungkin sobat-sobat sudah pro banget pada perbaikan lampu led atau lampu sorot, terutama yang ud biasa.

  Seperti yang kita ketahui lampu led adalah produk diode. pancaran cahaya lampu (led) menjadi sebuah penerangan, lampu led memiliki efisensi listrik lebih baik dari pada lampu neon dan pijar dalam hal cahaya. Langsung aja cek it out broda, lampu led biasanya sering mengalami kerusakan pada led drivernya berikut contoh gambar 1 :

Cara-memperbaiki-lampu-sorot.jpg
Led driver
Gambar 1.1 led driver

  Pada gambar diatas menunjukan, input led driver dengan menggunakan  tegangan ac 100 -260 volt atau batasan yang diperbolehkan, artinya tidak boleh lebih 260 v juga tidak boleh kurang 100 v, sedangkan outputnya, 30-40 volt dc.

   Kerusakan yang sering terjadi pada lampu sorot atau lampu led, yaitu pada led driver dengan asumsi output tegangan yang  dihasilkan melewati batas dari batasan name plate, untuk itu lakukan pengecekan output tegangan led driver jika lebih 40 DC atau kurang 30 DC berarti rusak otomatis pada lampu led juga ikut rusak dan harus diganti dengan  1 lampu led dan 1 led driver, umumnya lampu sorot atau lampu led memiliki daya 50 watt, dengan asumsi 2 lampu sorot atau lampu led sama dengan 100 watt, sobat-sobat bisa dapatkan lampu led dan drivernya ditoko-toko elekro terdekat.

Saya rasa cukup jelas penjelasan diatas, untuk itu saya selaku penulis minta maaf kalau ad kesalahan pada proses penulisan dan saya pribadi menerima kritik dan saran kepada teman-teman untuk membangun individu yang lebih baik lagi saya ucapkan terima kasih.


Mungkin video ini akan sedikit memberikan pencerahan tonton ya :




Wasallamualikum wr.wb......










Related Posts