Peralatan umum dan khusus apa saja yang harus kamu punya untuk menjadi tukang listrik? Berikut penjelasanya!!

 Assallammualaikum, wr, wb


Hai genks apa kabar sehat selalu yah...semoga Dimurahkan rejekinya. Amin. Nah artikel kali ini adalah tentang topik peralatan apa saja yang harus kamu punya untuk menjadi seorang tukang listrik, berikut penjelasanya? Tunggu dulu genks sudah mampir dichannel youtube ane belum. Kalau belum gaskeb genks klik my youtube channel diatas scroll kekiri. Udah?! Ok terima kasih genks.


Berikut penjelasannya Peralatan apa saja yang harus kamu punya untuk menjadi tukang listrik?


Gas......


Teori Dasar


Peralatan untuk menjadi tukang listrik
Peralatan umum dan khusus apa saja yang harus kamu punya untuk menjadi tukang listrik? Berikut penjelasanya


Buat kamu,,,iya kamu yang ingin menjadi tukang listrik mungkin bertanya-tanya tentang peralatan apa saja yah yang akan saya beli atau peralatan apa saja yah yang mungkin saya perlukan. untuk menjadi tukang listrik, Mungkin teman-teman bertanya dalam hati nanti kalau saya buka usaha atau segala macamnya apa saja yah, yang saya butuhkan untuk peralatan khusus menjadi tukang listrik?!

Nah ngomongin peralatan khusus pasti ada peralatan umum untuk menjadi tukang listrik kebayang ngaak peralatan khusus dan umum seperti apa? Masa sih ada peralatan umum dan khusus ane juga bingung genks jelasinnya....wkwkw.


Jadi nanti saya punya pendapat mengenai peralatan umum dan khusus untuk menjadi tukang listrik ini genks.


Nah jika kita berbicara peralatan umum dan khusus sudah pasti ada genks akan tetapi peralatan khusus ini lebih kepada pekerjaan yang bersifat APD ( alat perlindung diri ) dengan catatan jika kita bekerja pada suatu perusahaan pada pekerjaan naik menaik atau memperbaiki kelistrikan yang bersifat berbahaya seperti penggunaan helm, sarung tangan tegangan tinggi dan lain sebagainya. Nah Jika kita bekerja sendiri atau katakanlah kita buka usaha sendiri ada ngk peralatan khususnya?


Pertanyaan saya sederhana apakah alat ukur multitester masuk pada peralatan khusus atau umum? Kalau kita bicara umum peralatan yang sering digunakan banyak orang misalnya multitester apakah masuk katagori umum? Jadi gini genks saya jelaskan. Hehehe.


Peralatan umum dan khusus ini sebenarnya begini : 

Peralatan umum ini yang bisa digunakan untuk banyak hal misalanya pada multister analog bisa digunakan untuk mengukur listrik DC, listrik AC, amper skala kecil, nah ini masuk katagori umum. Sedangkan khusus misalnya khusus multitester digital  yang ada pengukuran frekuensi HZ pada sistem kelistrikan nah ini baru masuk katagori khusus kan cuma  digital yang ada. Terus ada lagi tang ampere yang dapat mengukur tahanan yang besar dan arus yang besar ini berarti tang amper masuk katagori khusus. Hanya bisa digunakan untuk mengukur arus yang besar. Yang kecil kagak bisa genks.


Sampai disini oke genks?

Tapi koreksi jika saya salah dalam penjelasan diatas.


Lantas apa saja peralatan  yang harus saya punya menjadi tukang listrik ? Nah kalau di suatu perusahaan biasanya agenks tidak perlu membeli menggunakan uang pribadi, peralatan umum dan khusus ini sudah pasti disediakan  suatu perusahan. Akan tetapi jika agenks pengen beli untuk mencari pendapatan diluar gaji perusahaan kagak masalah beli peralatan kelistrikan kali- kali saja ada job dari luar lumayan lah bisa jajan keperluan.


Peralatan yang harus kamu punya untuk menjadi tukang listrik ( diluar pekerjaan PT) 


  • Multitester digital saran (sanwa cd 800 a)
  • Tang amper digital ( yang murah kagak apa-apalah genks)
  • Solder dan timah
  • Isolasi
  • Tespen
  • Obeng plus minus berdasarkan dimensi
  • Kunci inggris
  • Tang skun mini dan besar (mini ini sepatu kabel ukuran kecil)

Nah point diatas merupakan catatan poin penting yang wajib agenk beli ketika ingin menjadi tukang listrik. Agar nantinya mempermudah agenks dalam bekerja menjadi tukang listrik atau seorang instalatir listrik.


Saya rasa itu saja yang dapat saya sampaikan genks. Oh iya jika ada saran atau tambahan tentang artikel ini dengan judul Peralatan umum dan khusus apa saja yang harus kamu punya untuk menjadi tukang listrik? Silakan coret-coret dibawah genks.


Oke saya rasa cukup dan jelas mohon maaf apabila ada perkataan atau tulisan yang kurang berkenan. 


Terima kasih banyak salam hangat.


Related Posts