Penyebab kipas angin blower mati total

 Assallammualikum, wr, wb.

Pendahuluan


Halllo boskoueeeeee..apa kabar kalian semoga dalam keadaan sehat selalu dan dimurahkan rezekinya. Nah artikel mamang odading kali ini tentang penyebab kipas angin blower mati total atau penyebab kipas angin blower dinding mati total. Hal ini sering sekali membuat iron man pusing memperbaikinya. 

Ekekeke.


Oke gaes kita tancap ke teori dasar duluk.


Teori Dasar


Kipas angin atau blower
Kipas angin blower


Kipas angin blower?!! Emmmhh jadi menurut kalian kipas angin blower ini gimana anginya, tentunya kalian pernah merasakan bagaimana kencengnya kipas angin blower ini. hal ini pasti berkaitan dengan kalian mampir dimarik, untuk memperbaiki kipas angin kalian yang mati total.


Penyebabnya apa sih kipas angin mati total ini. Untuk itu saya buatkan artikel ini semoga berfaedah, checks is out!!!!


Penyebab kipas angin blower mati total atau penyebab kipas angin blower dinding mati total.

  1. Kumparan
  2. Kabel power
  3. Kapasitor
  4. Fuse ( thermal atau thermis )
  5. Shaft  rotor bearing
  6. Potensio kipas angin blower
Jadi 5 point diatas adalah suatu penyebab kipas blower mati total sebagai berikut :

  1. Kumparan

Penyebab kipas angin blower mati total atau penyebab kipas blower mati total bisa jadi kumparan kipas blower, jadi jika secara visual kipas kalian atau mang odading rusak kalian dapat melihat secara visual kipas angin blower pada kumparan yang sedikit gosong ini menandakan anda harus menggulung ulang kumparan yang gosong atau kumparan kipas angin hangus tersebut.

Lalu bagaimana cara memperbaiki kipas angin blower yang mati total.
Secara pribadi jika kumparan anda putus sedikit bisa disolder ulang, jangan lupa untuk mengkikis kumparan kipas angin blower pada kawat email bukan mail upin-ipin, kemudian semprotkan sedikit varnish.

Cara mengatasi kumparan kipas angin  yang gosong, jika pada kumparan kipas angin blower terdapat gosong atau hitam, maka ini masuk katagori rusak yang lumayan parah karna kita tahu jika gosong ada yang tidak beres ntah itu kumpran kipas angin putus dan sebagainya untuk cara memperbaiki kipas angin yang rusak pada kumparan jika salah satu kumparan gosong anda dapat mengkanibal kumparan kipas angin yang ada, dengan catatan gulungan kumparan masih bagus, jika tidak mau repot melepas kumparan kipas angin blower (memang sih karna mencopot salah satu kumparan pada kipas angin akan sedikit repot) karna kita harus melenturkan dan melepas tali pengikat kumparan, melenturkan untuk mengeluarkan kumparan dari sangkar stator.
Opsi lain membeli motor blower cuma 200 an rebu kalau ngk salah harga motor baru untuk kipas angin ini.

Sampai disini asiap?!

Oke lanjud

2. Kabel power 

Tentunya kabel power bisa jadi penyebab salah-satu kipas angin blower mati total. Hal ini perlu pengecekan untuk memastikan bahwa power atau colokan steker pada kipas angin blower baik-baik saja. Tidak ada salahnya mengecek dan memastikan kipas angin anda baik-baik saja pada steker kipas angin sampai ke sisi potensio.

Langkah pengecekan!!

Bisa memakai multitester? Jika bisa bagus jika tidak bisa tengelamkan kelaut.wkwkwkw saya anggap bisa jika tidak bisa silakan mampir dichannel ane, untuk cara menggunakan multitester digital.

Pahse merah dan biru netral cek saja kabel ini dari sisi steker sampai ke potensio kipas angin in dan out. Bisa pakai skala probe multitester OHM dan gelombang suara.
  • Jika jarum bergerak kabel power bagus jika bersuara titttttt (bagus)
  • Dan sebaliknya...

3. Kapasitor

Nah sekarang kita masuk pada kapasitor, penyebab kipas angin mati total bisa jadi adalah kapsitor yang rusak, karna panas dan karna sering mati / hidup  kipas ini membuat kipas angin pada kapasitor sering rusak.

Secara visual rusak dan meleleh seperti terbakar...sudah lemparkan ke laut.

Jika secara visual bagus, kita harus melakukan pengecekan menggunakan multitester dengan cara melihat nilai farad yang ada jika nilai farad pada kapasitor kipas angin 2,4 mf ini sama dengan pengukuran maka dipastikan bagus. Lebih enak pakai multitester digital. Tapi jika nilai 1,4 ini tidak bisa dipakai gaes star awalnya berat dan bisa juga menjadi kipas anda agak melambat.


4. Fuse / thermis kipas angin blower

Salah satu penyebab kipas angin blower mati total adalah fuse, fuse apa thermis bos menurut kalian? Secara pandangan saya ini adalah thermis, bukan fuse. Thermis lebih kepada proteksi atau pengaman pada kumparan. Jadi jika kumparan kipas angin panas berdasarkan kemampuan suhu panas pada termis jika melebihi kapasitas suhu kumparan pada proteksi thermis  aktif dan putus sehingga menyebabkan kipas angin anda mati hal ini menjaga kumparan anda terjaga dari hangus ( panas berlebih ) 

Lalu bagaimana bentuk thermis pada kipas angin blower lihat gambar dibawah ini :

Kipas angin blower
Penyebab kipas angin blower mati total

Gambar diatas adalah bentuk suatu thermis pada kumparan kipas angin.

Dimana sih bang tejo letak thermis atau yang biasa kalian sebut fuse ini :
Biasannya letak thermis atau fuse pada kumparan kipas angin didalam kumparan itu sendiri anda dapat melihatnya dengan cara melepas tali pengikat kumparan atau kabel ties pada kumparan jika ada atau terdapat kabel ties pada kumparan kipas angin.

Cara mengecek thermis gimana bang?

Cukup mudah tejo mengecek thermis ini dengan menggunakan multitester dengan skala probe gelombang suara, ukur kedua kaki thermis hitam kabel probe multitester kaki 1 thermis dan merah kaki 2 thermis jika bersuara tittttttttttt. Sudah pasti bagus. Jika tidak bersuara sudah pasti tengelamkan ke sumur.


Opsi untuk memperbaiki kipas angin blower mati total pada thermis, lepaskan termis yang rusak dan sambung kabel secara langsung ( tanpa penggunaan thermis). Kemudian pastikan kumparan kipas, bearing lancar yang membebankan kipas anda berat. Sehingga memicu thermis bekerja.

Oke ajiaaaapp....ajiap pulak. Asiapp.

Gas selanjutnya

5. Shaft rotor bearing

Penyebab salah satu kipas angin mati total atau kipas angin blower mati total adalah shaft rotor bering yang lengket hal ini berkaitan dengan karat atau debu yang banyak dan menempel pada bering dan shaft rotor. Biasanya kipas angin mati total pada penyakit bagian shaft dan bearing rotor ditandai dengan adanya suara dengung pada kipas angin hal ini menandakan kipas angin blower menyala akan tetapi lengket pada bagian shaft rotor dan bearing.

Opsi perbaikan ini tentu mudah teman-teman dengan menambahkan sedikit pelumas berupa oli dan minyak sayur dengan catatan lakukan pembersihan pada shaft rotor dan bearing dan pastikan benar - benar bersih dari korosi, debu dan lainya yang dapat menggangu kinerja kipas angin anda bang tejo.

6. Potensio kipas angin

Potensio kipas angin mungkin adalah salah satu penyebab kipas angin blower anda mati total karna kita tahu potensio langsung terhubung pada setiap kabel kipas angin belower, speed 1, speed 2 dan speed 3. Anda dapat mengecek dengan tester alat ukur AVO metter yang berfungsi untuk mengetahui bagian mana yang terhubung dan bagian mana yang tidak terhubung.

Contoh pengukuran misalnya kabel abu-abu ke motor kipas angin dengan kabel phase power atau sumber.

Dengan mengatur ke volt atau ke gelombang suara pada alat multitester jika tidak ada suara pada multitester dipastikan ada tembaga yang patah dan tidak terhubung pada potensio kipas angin anda karna saya pernah mengalami hal serupa.


Gimana tejo cukup mudahkan heheheh.

Saya tutup ya.

Penutup

Itulah sedikit teori tentang penyebab kipas angin blower mati total dan sedikit tips cara mengatasi penyebab hal tersebut.

Mohon maaf apabila ada perkataan yang salah maupun kesalahan dalam penulisan, saya selaku penulis artikel ini meminta maaf, oh yah jangan lupa mampir dichannel mamang yang. Semoga disubcribe.

Saya akhiri

Wassallam, wr, wb.

Related Posts