Cara mengatasi dispenser hot dan cold tidak dingin

Assalammualaikum,wr,wb.

1. Pendahuluan

Halo genk, selamat siang dan apa kabar? Semoga dalam keadaan bulan muda terus. Heheh. Karna pada hari ini tepat tanggal 2 dan masih anget -angetnya uang didompet. Berhubungan hari ini saya mengalami kerusakanbpada disepenser yang dimana dispenser hot dan cold tidak bisa cold atau dingin, lagsung saja kita masuk pada dasar teori kita lebih bisa memahaminya.

2. Dasar Teori

Dispenser panas dan dingin

Pada gambar diatas adalah gambar  dispenser panas dan dingin, yang rusak, yang telah saya perbaiki. Apakah dispenser kita adalah sama. Dispenser ini airnya tidak dingin atau cold jadi saya perbaiki.

Nah...Pada artikel ini saya ingin menjelasakan tentang kerusakan yang saya alami, pada dispenser hot dan cold yang tidak bisa dingin.

Dispenser ini biasanya terdapat air  pada galon dispenser yang bisa normal dan bisa dingin seperti air es, jadi ad 3 opsi pilihan air pada dispenser ini.

Pada dasarnya ada beberapa kerusakan yang menyebabkan dispenser ini tidak bisa dingin atau cold.

Dari kerusakan terparah dan ringan berikut indikasi kerusakan.

1. Kerusakan elemen komponen pada elektonika.

Seperti yang kita ketahui dispenser yang memiliki variasi pengaturan tempratur air ini, memiliki komponen utama dimana terdapat komponen elektronikanya seperti dioda, elco, resistor  dan lain sebagainya.

Dengan keruskan ini saya rasa cukup berat atau bisa dikatakan kerusakan berat yang terjadi pada dispenser 3 variasi tempratur air dispenser ini.

Next lanjut ke kerusakan berikutnya :


2. Kerusakan pada selang pengairan ketabung penampung

Biasanya kerusakan selang ini diakibatkan adanya penghambat atau kotoran, serta bocor.

Jadi jenis kerusakan ini sangat mudah diatasi dengan cara menganti selang dispenser  dengan yang baru.

3. Kerusakan pada  kipas pendigin dispenser

Jadi keterangan diatas adalah  kerusakan dispenser dari yang ringan dan yan terberat.

Tapi kerusakan yang saya alami ini adalah dikarnakan kipas pendigin pada dispenser rusak, tidak noramal atau tidak jalan. Berikut adalah Gambar kipas pendigin yang rusak :

Kipas pendingin dispenser

Pada gambar diatas kipas pendigin duspenser yang rusak, mempunyai tegangan 12 Volt dan arus DC kipas ini macet dan tidak berputar.

Jadi ada beberapa pilihan yang harus kita ambil untuk permasalah rusaknya kipas pendingin dispenser ini :

1. Ganti baru 

Berhubung harga kipas tersebut murah mungkin inilah opsi yang tepat karna harga kipas tersebut kurang lebih 30 ribu. 30 ribu genk,nyok diperiksa isi dompetnya..

2. Perbaiki kipas pendingin dispenser

Jika masih bisa diperbaiki kenapa tidak kita perbaiki, ya kan...!! Setau saya hanya perlu pelumas dan pembersihan debu yang menempel pada motor kipas DC tersebut.

Coba deh dicek...kali aja bisa diperbaiki dan tidak membuang duit. Lumayankan uangnya buat beli martabak...hehee.

3. Kipas komputer  / laptop

Berhubung kipas laptop atau komputer hampir sama maka coba deh ambil dan ganti kipas dispenser tersebut dengan kipas komputer yang tidak terpakai, jika tidak pas modifikasi la dikit yang peting soket input power pada kipas sama dan tegangan sama 12V.


Semua pilihan ada ditangan anda genk.

Silakan pilih sesuai selera genk..heheh pria punya masalah, maksud saya pria punya selera. Silakan tonton video dibawah ini genks untuk informasi perbaikan dispenser anda :




3. Penutup

Saya rasa cukup penjelasan diatas, tentang cara mengatasi dispenser tidak dingin, atau cara memperbaiki dispenser tidak dingin atau cold.

Semoga bermanfaat, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan ini.
Terima kasih telah berkunjung

Bye-bye...





Related Posts