1. Pendahuluan
Halo brother,,, sebelum kita masuk pada penjelasan tentang judul diatas ada baiknya teman-teman, berdoa agar bisa memahami isi artikel ini, kenalkah agan-agan dengan pembangkit listrik tenaga diesel atau PLTD, pastilah kenal...bagaimana prinsip kerjanya atau sistem kerjanya mari kita simak, tapi sebelum itu jagan lupa untuk share...nyokk diengkol...asiappp!!?? Gass polll.
2. Dasar teori
Pembangkit listrik tenaga diesel dekenal juga dengan PLTD, kegunaan PLTD adalah penyedia daya listrik yang dapat berfungsi untuk pusat pembangkit, cadangan (stand by plant) beban puncak untuk keadaan darurat (emergency) nah seblum kita masuk pada prinsip kerjanya ada baiknya agan-agan mengenal dulu bagian-bagian utama dari sebuah PLTD :
2.1 Bagian bagian PLTD
Pada gambar dibawah ini adalah bagian bagian dari sistem pembangkit listrik tenaga diesel :
Mengenal bagian dari PLTD |
Pada gambar penunjukan terdapat kode angka dari 1 - 11 yang merupakan bagian utama dari suatu pembangkit listrik tenaga diesel
- Tangki penyimpanan bahan bakar
- Penyaring bahan bakar
- Tangki penyimpanan bahan bakar sementara (bahan bakar yang disaring)
- Pengabut
- Mesin diesel
- Turbo carger
- Penyaring gas pembuagan (air filter)
- Tempat pembuangan gas (bahan bakar yang disaring)
- Generator
- Trafo
- Saluran transmisi
Dari 11 point diatas setelah pada setiap bagian-bagian dari pltd nantinya saya jabarkan langsung pada penjelasan prinsip kerja dari sebuah PLTD :
Prinsip kerja PLTD pada 11 point diatas yaitu bahan bakar di dalam tangki penyimpanan sementara namun sebelumnya disaring terlebih dahulu, kemudian disimpan didalam tangki penyimpanan sementara (daily tank. Jika bahan bakar adalah bahan bakar minyak (bbm) maka bahan bakar minyak dari daily tank dipompakan ke pengabut (nozell) bahan bakar dinaikan temperatunya hingga menjadi kabut, sedangkan jika bahan bakar adalah bahan bakar gas(BBG) maka dari daily tank dipompakan ke convertion kit (pengatur tekanan gas) untuk diatur tekananya. didalam mesin diesel terjadi penyalaan sendiri karna proses kerja nya berdasarkan udara murni yang dimanfaatkan didalam silinder pada tekanan yang tinggi sehingga temperatur didalam silindier naik yang kemudian membakar bahan bakar yang disemprotkan dalam silinder yang mempunyai temperatur dan tekanan tinggi melebihi titik nyala bahan bakar dan akan menyala secara ototmatis dan dapat menimbulkan ledakan bahan bakar menggunakan kompresor udara bersih dimasukan kedalam tangki udara start melalui salauran masuk (intake manifold) kemudian dialikan ke turbo carger didalam turbo carger udara dan temprature dianaikan terlebih dahulu dengan udara yang dialirkan umumnya sebesar 500 Psi dengan suhu mencapai 600 derjat celcius. Udara yang bertekanan dan tinggi dimasukan kedalam ruang bakar (combustion chamber) kemudian di injeksikaan kedalam ruang bakar (combustion chamber)
Combustion chamber pada PLTD |
Pada gambar diatas adalah bentuk wujud dari combustion chamber PLTD, yang nantinya didalam mesin diesel terjadi penyalaan sendiri. Karna proses kerjanya berdasarkan udara murni yang dimanfaatkan didalm silinder pada tekanan yang tinggi melebihi titik nyala bahan bakar dan akan menyala secara otomatis yang menimbulkan ledakan bahan bakar.
Dalam mesin diesel ada yang namanaya poros engkol yang digunakan untuk mengerakan poros generator. Sehingga oleh generator energi mekanis ini dirubah menjadi energi listrik yang menimbulkan gaya gerak listrik (ggl), kemudia listrik tersebut dibagikan kepanel distribusi ini untuk (PLTD kecil)
Ditempat saya bekerja mempunyai 2 PLTD Kecil yang mempunyai daya 275 KVA dengan masing-masing PLTD mempunyai kinerja yang berbeda dalam pembagian distribusi tenaga listrik.
4 . Penutup
Sekian terima kasih telah berkunjung salam hangat dan semog bermanfaat, saya ucapakan wassallamualikum, wr, wb.
Bye bye....
Baca juga artikel ini :
Prinsip kerja mesin diesel 4 langkah