Skema diagram cara pasang saklar seri / saklar dobel Pada instalasi listrik rumah tinggal

Assallammualaikum, wr, wb.


Pendahuluan


Halooo bosku sahabat teknik maintenance workshop, sapa dulu lah biar kita akrab, bagaimana hari ini gan sehat selalu ya. Semoga saja sehat selalu dan dimurahkan rejekinya. Oh ya jangan lupa mampir kechannel mamang hokage. klik aja channel youtubenya diatas my channel youtube. Nah genk kali ini saya akan menjelaskan artikel tentang skema diagram cara pasang saklar seri atau saklar dobel. Tapi saya akan menjelaskan terlebih dahulu buat apa saklar seri atau saklar dobel pada instalasi listrik rumah tinggal kalian guys.


Skuyss teropong saklar seri berikut ulasan teori dasar deket aja bosku.


Teori Dasar


Berdasarkan kegunaan dan fungsi dari saklar seri atau fungsi dari saklar dobel biasanya untuk menghidupkan 2 lampu menggunakan kedua saklar seri atau saklar dobel. Lantas dipasang dimana saja 2 lampu 2  saklar pada instalasi listrik rumah kita, iyaa...kitaa.


Jadi begini.....maria, maria pulak jadi begini ceritanya gan....gan. eh kebanyakn gan nya.


Saklar dobel terdiri dari dua saklar, biasanya saklar dobel atau saklar seri ini digunakan untuk menghidupkan 2 lampu pada ruangan berbeda misalnya, pada ruangan tamu dan teras, akan tetapi ada juga pemasangan saklar seri atau saklar dobel untuk menghidupkan 2 lampu diruangan keluarga hal ini bertujuan untuk memaksimalkan penerangan ruangan keluarga yang besar.


Saklar seri / saklar dobel Instalasi listrik rumah
Saklar seri / saklar dobel


Saklar dobel atau saklar seri terdiri dari beberapa merek dipasaran penjualan alat instalasi listrik rumah misalnya saklar dobel broco atau saklar seri broco ada juga saklar seri yang bermerek panasonic. Ada juga type saklar dobel atau saklar seri jika kita melihat dari bentuk masing-masing saklar baik saklar dobel maupun saklar seri.

type persegi panjang tanam umumnya type persegi panjang tanam pada saklar broco atau panasonic menggunakan box saklar tanam persegi panjang yang di bobok pada lobang dinding bersegi empat panjang. Hal ini untuk membuat celah udara  dan merapikan kumpulan kwat NYA agar tidak saling bertumpuk yang memicu konsleting. 


Box tanam bulat anda ngk bang. Celah udaranya..ada bambang.


Kemudian pada saklar seri  broco (saklar dobel broco ) yang bersegi empat untuk instalasi listrik rumah ini terdapat skrup pada bagian luar saklar dan bagian box dalam saklar atau box tanam saklar.


Oh ya saya lupa box dalam ini warna hitam ya...tempatnya didalam dinding.


Sampai dimana kita tadi oh ya bagian box dalam saklar ya. Engkol mang.

Box dalam saklar dobel dan box luar saklar dobel sangat kuat dan awet jika kita memilih skalar dobel berbetuk persegi panjang ini karna saklar dobel atau saklar seri persegi panjang menggunakan skrup untuk mengunci satu sama lain baik box hitam dan box saklar dobel hal ini untuk menambah penguat saklar dobel type persegi panjang agar saklar seri atau dobel semakin kuat dan tidak mudah copot.


Gigi kali copot.


Tentunya kita tahu pada saklar yang bersegi empat menggunakan mata pengait dan terdiri dari box hitam bulat.


Jika kita melihat dari kekurangan saklar persegi panjang dan saklar persegi empat  masing-masing memiliki kelebihan dari segi biaya dan kekuatan daya tahan saklar dobel atau saklar seri persegi panjang, Yang persegi panjang rekomendasi banget. 


Kita tidak boleh melihat kekurangan  dari saklar pada masing - masing type bro, dosa lu....ekekekek.


Untuk pemasangan cara pasang Skema diagram cara pasang saklar seri / saklar dobel   Pada instalasi listrik rumah tinggal teman teman dapat melihat rangkaian saklar dobel atau saklar seri untuk instalasi listrik rumah tinggal.


Skeam instalasi saklar seri / saklar dobel pada rumah tinggal

Jadi begini penjelasan pada gambar diatas  jika kita melihat skema diagram instalasi listrik rumah saklar dobel ada beberapa  lampu 1 dan 2 ini masing-masing dipasang sesuai keinginan misalnya lampu 1 untuk teras dan lampu 2 untuk ruangan tamu, dengan catatan teman - teman menekan dan mematikan melalui saklar tekan atau saklar seri (saklar dobel ), adapun kabel pendek untuk membuat jumper atau kopel untuk mendapatkan sumber dari atas rumah yang sudah dibuat sebelumnya. Kopel atau jumper pada saklar seri berfungsi untuk membuat arus listrik ke saklar yang satunya (saklar ada 2 ni seri kan ), agar lampu katakanlah untuk meghidupkan lampu 1. 


Susah ngk?! Ngk ya... saya rasa mudah bro yah. Saya menulis agar teman - teman dapat memahami hal ini untuk cara pasang saklar seri 2 lampu.

Saya tutup ya


Penutup


Saya rasa cukup dan jelas tentang pemasangan instalasi listrik rumah tinggal atau Skema diagram cara pasang saklar seri / saklar dobel   Pada instalasi listrik rumah tinggal.


Terima kasih saya ucapkan dan saya akhiri


Wassallammulaikum, wr, wb.




Related Posts